12 Desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan Belum Masukan SPJ Dana Desa Tahun 2021

- Selasa, 28 Juni 2022 | 16:12 WIB
Kadis PMD Kabupaten Timor Tengah Selatan Nikson Nomleni (victorynews.id/Megi Fobia)
Kadis PMD Kabupaten Timor Tengah Selatan Nikson Nomleni (victorynews.id/Megi Fobia)

SOE, VICTORYNEWS - Meskipun Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten TTS telah menyurati 12 untuk memasukan Surat Pertanggungjawaban (SPJ), penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2021, namun, hingga Senin (27/6/2022) belum realisasi. 

Ke-12 desa yang belum masukan SPJ di Kabupaten Timor Tengah Selatan diantaranya Desa Oeuban Kecamatan Mollo Barat, Desa Leloboko Kecamatan Mollo Utara, Pene Selatan Kecamatan Kolbano, Desa Besnam Kecamatan Fatukopa, Desa Tliu Kecamatan Amanuban Timur, Desa Fae Kecamatan Amanatun Selatan. 

Selain itu, Desa Numbena Kecamatan Kotolin, Desa Tumu Kecamatan Amanatun Utara, Desa Hoibeti Kecamatan Kotolin, Desa Koloto Kecamatan Kokbaun, Desa Lotas Kecamatan Kokbaun dan Desa Haumenibami Kecamatan Amanuban Barat, tidak bisa mencairkan dana desa tahun 2022.

Baca Juga: Wow, Penyaluran Dana Desa di NTT Capai Rp858,48 Miliar

Kepala Dinas PMD Kabupaten TTS, Nikson Nomleni kepada victorynews.id di ruang kerjanya, Senin (27/6/2022) mengaku telah menyurati para kepala desa untuk mempercepat SPJ DD tahun 2021 agar DD tahun 2022 dapat dicairkan sesuai siklus yang diatur minggu ketiga bulan Juni 2022.

Namun, beberapa desa termasuk 12 desa tersebut, tidak melengkapi SPJ yang dimaksud sehingga pihaknya harus turun membantu penyelesaian SPJ.

Menurutnya, ada 46 dari 266 desa di TTS yang terancam tidak dapat mencairkan Dana Desa tahun 2022. Hal itu disebabkan, akibat terlambat menyelesaikan SPJ.

Baca Juga: KPK Diminta Lakukan Bimtek bagi Kades di NTT Untuk Kelola Dana Desa Dengan Baik

Dari 46 desa itu, kata Nikson, 12 desa diantaranya tidak memiliki dokumen SPJ, sementara lainnya dokumen telah siap, hanya terlambat mengupload.

Meski demikian, Nikson mengaku Bupati TTS mendatangi Kementerian Keuangan untuk meminta dispensasi waktu. Jika diberikan waktu, maka desa-desa yang dokumen SPJ-nya sudah ada bisa diupload.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X