Bantah Kekerasan terhadap Pengungsi Afganistan, Kemenkumham NTT Persilakan Hassan Lapor Polisi

- Kamis, 30 Juni 2022 | 13:42 WIB
Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone, Kamis (30/6/2022) membantah adanya kekerasan terhadap seorang pengungsi Afghanistan, Hassan Reza Haidari.  (Dok.Rudenim Kupang)
Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone, Kamis (30/6/2022) membantah adanya kekerasan terhadap seorang pengungsi Afghanistan, Hassan Reza Haidari. (Dok.Rudenim Kupang)

KUPANG, VICTORY NEWS-Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone, membantah adanya kekerasan terhadap seorang pengungsi Afghanistan, Hassan Reza Haidari, seperti ramai beredar di media sosial.

Pihak Kemenkumham memberi kesempatan kepada Hassan untuk lapor polisi, sebab Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terhadap petugas Rudenim Kupang, tidak ada tindakan kekerasan yang dilakukan terhadap pengungsi Afganistan itu. 

Kemenkumham NTT menghormati hak Hassan Reza Haidari dengan mempersilahkannya untuk lapor polisi.

 

"Kami membuka kesempatan kepada yang bersangkutan (Hassan) untuk melaporkan kepada pihak Kepolisian atas dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh petugas pengamanan Rudenim Kupang," tandasnya.

Kepala Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kupang, Heksa Asik Soepriadi, juga sebelumnya membantah rumor adanya kekerasan dan menegaskannya kembali pada kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Tak Ingin Ulangi Kesalahan, FORKI NTT Berbenah Ikuti Pra PON 2023


Dijelaskan bahwa pada 22 April 2022 lalu Hassan mabuk dan terlibat perkelahian dengan pengungsi lainnya berinisial SM akibat permasalahan kebersihan kamar mandi.

"Kasi Kamtib Rudenim Kupang memerintahkan Kasubsi Ketertiban untuk mengamankan sementara pengungsi atas nama Hassan Reza Haidari di Rumah Detensi Imigrasi Kupang dan atas permintaan sendiri, yang bersangkutan dipindahkan ke Hotel Lavender," ungkapnya.

Heksa ikut membenarkan pihaknya yang berkoordinasi dengan IOM Kupang dan Divisi Keimigrasian untuk melakukan Pemindahan Pengungsi tersebut ke Hotel Lavender.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X