Banjir Landa Malaka dan Sumba Timur, Terancam Gagal Panen

- Kamis, 30 Juni 2022 | 14:26 WIB
Kondisi banjir di salah satu di Sumba Timur. Akibat banjir di Malaka dan Sumba Timur, warga terancam gagal panen. (Dok. BPBD Sumba Timur)
Kondisi banjir di salah satu di Sumba Timur. Akibat banjir di Malaka dan Sumba Timur, warga terancam gagal panen. (Dok. BPBD Sumba Timur)

KUPANG, VICTORYNEWS -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT melaporkan banjir di Sumba Timur dan Malaka berakibat pada gagal panen.

Banjir di Malaka terjadi pascahujan lebat dengan durasi yang cukup lama mengguyur wilayah itu pada Rabu, (29/6/22) pukul 13.00 WITA.

Akibat dari peristiwa itu sejumlah rumah serta lahan pertanian milik warga terendam dan terancam gagal panen.

Baca Juga: Tim Kejagung RI Tinjau Lokasi Pembangunan Kantor Kejari Nagekeo

Banjir juga melanda dua desa di Kecamatan Wulla Waijelu, Kabupaten Sumba Timur setelah hujan intensitas tinggi mengguyur wilayah itu hingga 19 unit rumah, tanaman pangan, juga ternak milik warga terendam.

Upaya penanganan darurat dilakukan dengan koordinasi antar instansi terkait. Tim Kaji Cepat BPBD juga diturunkan melakukan pendataan dan penanganan di lokasi bencana.

Kepala BPBD NTT mengimbau Pemerintah Kabupaten/Kota dan masyarakatnya agar meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan.

Baca Juga: Sidang Paripurna DPRD Usulkan Pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang

Penguatan desiminasi informasi melalui whatsapp group dan media sosial lainnya dapat dilakukan ketika hujan terjadi lebih dari satu jam.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X