Pantau Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Tim Provinsi NTT Temukan Hal Ini di Lembata

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:06 WIB
Tim monev berdialog dengan keluarga penerima manfaat program pemberdayaan masyarakat di Desa Meluwiting, Kecamatan Omesuri, Lembata, Jumat (1/7/2022). (victorynews.id/Hiero Bokilia)
Tim monev berdialog dengan keluarga penerima manfaat program pemberdayaan masyarakat di Desa Meluwiting, Kecamatan Omesuri, Lembata, Jumat (1/7/2022). (victorynews.id/Hiero Bokilia)

LEWOLEBA VICTORYNEWS - Pelaksanaan
Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dan Tim Penggerak PKK Provinsi NTT di Kabupaten Lembata dipusatkan di lima desa.

Lima Desa di Lembata yang menjadi Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, yakni Desa Bour, Warawatung, Meluwiting, Buriwutung, dan Desa Nuba Atalojo.

Untuk mengecek pelaksanan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Lembata ini, tim dari Provinsi NTT melakukan monitoring dan evaluasi program di lima desa tersebut.

Baca Juga: Sang Guru Pater Jhon Prior, SVD Meninggal Dunia di Seminari Tinggi St Paulus Ledalero

Tim Provinsi NTT yang melakukan monitoring dan evaluasi pada Kamis dan Jumat (30/6-1/7/2022) yakni Jarni A Sanu, Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas PMD Provinsi NTT dan Iswati Rihi Hau, anggota Pokja 4 TP PKK Provinsi NTT.

Iswati Rihi Hau kepada victorynews.id, Sabtu (2/7/2202) usai melakukan monitoring ke lima desa itu mengatakan, kunjungan ke lima desa sasaran program pemberdayaan masyarakat untuk mengecek pelaksanaan penyaluran bantuan bagi kepala keluarga penerima.

Dari hasil pemantauan dan evaluasi, produk yang diberikan sudah tepat sasaran dan jumlahnya sesuai dengan data KK dari kabupaten dan desa.

Baca Juga: Bupati Manggarai Resmikan Program Kecakapan Hidup

Dalam monitoring, lanjutnya, tim juga sempat berkunjung langsung ke KK penerima dan sempat bertemu penerima yang menyandang disabilitas di Desa Meluwiting.

"Untuk Lembata mendapat dukungan langsung dari Ibu Penjabat Bupati yang langsung ikut membagikan produk kepada keluarga penerima manfaat," kata Iswati Rihi Hau.

Jarni A Sanu, Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas PMD Provindi NTT menambahkan, dari moniroring dan evaluasi yang telah dilakukan, diharapkan agar aparat dari kecamatan dan desa melakukan pemantaun secara berkala agar pemanfaatan produk benar dimanfaatkn dengan baik, sehingga bisa berdampak kepada keluarga.

Baca Juga: Banjir Malaka, Tiga KK Diungsikan ke Kantor Desa Halibasar

Selain itu, aparat di desa juga bisa bekerja sama dengan stakeholder setempat untuk mengaktifkan UMKM yang ada agar mempunyai legalitas sehingga potensi yang ada di desa bisa meningkatkan pemberdayaan ekonomi keluarga.

Tim Provinsi NTT yang melakukan monev didampingi Dinas PMD Kabupaten Lembata dan TP PKK kecamatan.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warga Keluhkan Jalan Rusak dan Air Bersih

Rabu, 27 September 2023 | 16:41 WIB
X