Ikut Panen Sorgum di Kecamatan Laut Bupati Manggarai Timur Yakin Sorgum Jadi Alternatif Pangan

- Minggu, 3 Juli 2022 | 05:29 WIB
Bupati Manggarai Timur Bersama Ketua Yayasan Kehati Jakarta beserta warga saat melakukan penen sorgum di Kecamatan Laut.  (Dok.Pribadi Agus Supratman)
Bupati Manggarai Timur Bersama Ketua Yayasan Kehati Jakarta beserta warga saat melakukan penen sorgum di Kecamatan Laut. (Dok.Pribadi Agus Supratman)

BORONG,VICTORYNEWS-Bupati Kabupaten Manggarai Timur (Matim) Andreas Agas mengikuti panen sorgum secara simbolis di lahan percontohan seluas 4 hektar milik paroki Santo Petrus dan Paulus Dampek, Kecamatan Lamba Leda Utara, Manggarai Timur, NTT, pada Jumat 1 Juni 2022 kemarin.

Dalam kegiatan panen sorgum tersebut, Bupati Agas mengatakan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur (Pemkab Matim), telah berkomitmen untuk terus mengembangkan tanaman sorgum sebagai bahan alternatif pangan.

"Sejak 2019 Pemkab Manggarai Timur menggalakkan sorgum dan saya sudah mengeluarkan peraturan Bupati dimana sorgum menjadi pangan alternatif di Manggarai Timur,"jelasnya.

Baca Juga: Polres Kupang Tetapkan dan Tahan 10 Tersangka Kasus Pengeroyokan di Kotabes Kabupaten Kupang

Ia yakin pemanfaatan dan pengembangan pangan alternatif tersebut merupakan salah satu langkah untuk mengurangi ketergantungan pada bahan pangan beras.

Menurut Bupati Agas, tercatat hingga tahun 2022, lahan seluas 400 hektar milik masyarakat di Kabupaten Manggarai Timur dimanfaatkan untuk pengembangan sorgum melalui pola pendampingan intens Yayasan Kehati Jakarta dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Keuskupan Ruteng dan pemerintah daerah setempat.

"Pengembangan tanaman sorgum menyebar hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Manggarai Timur, terutama di wilayah dataran rendah dan daerah pesisir pantai seperti di Kecamatan Lamba Leda Utara, Kecamatan Sambi Rampas, Kecamatan Borong dan di Kota Komba," ungkap Bupati Agas.

Baca Juga: Keren! Pemuda Eks Timor-Timur Cari Cuan dengan Miniatur Rumah Adat dari Barang Bekas

Ia mengatakan Kabupaten Manggarai Timur saat ini telah memiliki lahan sorgum yang bersertifikat organik yakni di wilayah Melo, Kecamatan Lamba Leda Selatan.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BAKTI Kominfo Dorong Kebangkitan UMKM di Lembata

Selasa, 16 Agustus 2022 | 09:37 WIB
X