Agus Supratman Wajibkan 11 Desa di Manggarai Timur untuk Budidayakan Sorgum

- Minggu, 3 Juli 2022 | 14:27 WIB
Bupati Manggarai Timur Bersama Ketua Yayasan Kehati Jakarta beserta warga saat melakukan penen sorgum di Kecamatan Laut.  (Dok.Pribadi Agus Supratman)
Bupati Manggarai Timur Bersama Ketua Yayasan Kehati Jakarta beserta warga saat melakukan penen sorgum di Kecamatan Laut. (Dok.Pribadi Agus Supratman)

BORONG, VICTORYNEWS-Pemerintah Kecamatan Lamba Leda Utara (Laut), Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi NTT mewajibkan 11 desa untuk tanam sorgum dengan luas lahan mencapai  satu hektar untuk dimiliki pemerintah desa.

Hal ini disampaikan Camat Laut Agus Supratman kepada victorynews.id, Sabtu (2/7/2022) usai melaksanakan panen simbolis di kebun contoh sorgum di wilayah kerjanya di Dampek, pada Jumat 1 Juli 2022 kemarin.

Baca Juga: Ketua AFP NTT Minta Rektor Undana Dukung Peningkatan SDM Atlet Futsal

"Penggembangan sorgum sebagai pangan alternatif terus digenjot di Kecamatan Lamba Leda Utara (Laut). Dengan adanya kebun sorgum diharapkan bisa memotivasi masyarakat untuk kembali menggembangkan serta membudidaya tanaman yang  bernilai gizi tinggi ini," jelasnya.

Presiden Joko Widodo Jokowi memegang biji sorgum usai panen di Waingapu, Sumba Timur, Kamis (2/6/2022). (Dok Presiden Joko Widodo)

Menurut Agus, pengembangan sorgum ini merupakan upaya membuka akses terhadap pangan alternatif untuk mengurangi kasus gizi buruk dan stunting di wilayah Kecamatan Laut. 

Tak hanya itu, kata Agus, langkah ini akan terus digalakkan terutama untuk mengedukasi warga akan manfaat sorgum dan mempromosikan pangan lokal.

Baca Juga: Ketua TGUP3 Sebut Pembangunan IKN Memberikan Dampak Positif

"Kini tercatat 21 hektar kebun sorgum di Kecamatan Lambaleda Utara selain kebun contoh milik Paroki Santo Petrus dan Paulus Dampek,"ungkap Agus.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kompor Meledak, Kos di Nagekeo NTT Terbakar

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:12 WIB

Unitri Malang Bangun Kerja Sama Dengan Pemkab Lembata

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:29 WIB
X