Puluhan Ekor Sapi di Malaka Mati Terendam Banjir, Peternak Rugi Ratusan Juta Rupiah

- Minggu, 3 Juli 2022 | 21:15 WIB
Salah seorang pemilik sapi di Kabupaten Malaka sedang duduk di samping sapinya yang mati akibat terendam banjir. (victorynews.id/Wilfrid Wedi)
Salah seorang pemilik sapi di Kabupaten Malaka sedang duduk di samping sapinya yang mati akibat terendam banjir. (victorynews.id/Wilfrid Wedi)

BETUN,VICTORY NEWS - Dalam empat hari terakhir hujan dengan intensitas cukup tinggi melanda Kabupaten Malaka, Provinsi NTT mengakibatkan puluhan ekor sapi milik warga Dusun Beirasi, Desa Rabasa Haerain, Kecamatan Malaka Barat mati terendam banjir.

Dampak dari itu peternak mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Tidak hanya ternak yang mati tapi hasil perkebunan seperti jagung, kacang, pisang dan perumahan milik warga di Kabupaten Makaka ikut terendam.

Aleksander Kehi, warga Dusun Beirasi, ketika didatangi victorynews.id, Minggu (3/7/2022) di kediamannya, mengungkapkan dari 39 ekor sapi yang dipelihara ada 9 ekor yang mati terendam banjir.

Baca Juga: Banjir Malaka, BPBD Belum Data Rumah Warga Korban Banjir

"Jadi sisa 30 ekor, 2 ekor diantaranya saya sudah ikat di kandang. Sementara 28 ekor lainnya masih lepas dipinggir pantai. Rencana besok baru saya pergi cari," ujarnya.

Dari 9 ekor sapi yang mati itu, Aleks menuturkan ia mengalami kerugian mencapai Rp40 juta lebih.

"Karena sapi yang mati itu adalah sapi jantan. Jadi kalau kita jual harganya itu sekitar Rp4 juta sampai Rp 5 juta per ekor," ungkapnya.

Sementara warga lainnya, kata Alkes ada sapi yang mati 2 sampai 6 ekor.

"Jadi bervariasi, tapi yang kita dengar sekitar 30 puluhan ekor sapi di Dusun ini mati akibat terendam banjir, "tuturnya.

Baca Juga: Tiga Hari Menunggu, Korban Banjir di Malaka Dapat Bantuan dari Wakil Bupati Malaka

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pejabat Lingkup Kejati NTT Dimutasi, Ada Kajari Sikka

Senin, 15 Agustus 2022 | 12:39 WIB

Bupati Kupang Panen Bawang Merah di Pulau Semau

Minggu, 14 Agustus 2022 | 04:56 WIB

Bank NTT Cabang Betun Miliki 4 Kantor Cabang Pembantu

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:07 WIB
X