Semua Fraksi DPRD Soroti Dana BOS Rp8 M Yang mengendap di Pemkab Matim Sejak 2011

- Kamis, 7 Juli 2022 | 23:14 WIB
 Isi pandangan umum Fraksi NasDem-PKS  terkait dana BOS Rp8 Miliar yang mengendap di Pemkab Matim, NTT sejak 2011. (victorynews.id/Edvon Malyanto)
Isi pandangan umum Fraksi NasDem-PKS terkait dana BOS Rp8 Miliar yang mengendap di Pemkab Matim, NTT sejak 2011. (victorynews.id/Edvon Malyanto)

BORONG,VICTORY NEWS-
Sejumlah frasi di DPRD Manggarai Timur menyoroti hal tersebut saat rapat Paripurna dengan agenda pembacaan nota pengantar ranperda tentang pertanggungjawaban APBD Kabupaten Matim tahun anggaran 2021 pada masa sidang III DPRD Matim tahun 2021/2022, beberapa waktu lalu.

Dalam rapat paripurna tersebut, pemandangan umum Fraksi NasDem-PKS yang dibacakan Utsman Jemain mengatakan, Fraksi NasDem-PKS meminta penjelasan Pemerintah terkait sisa dana BOS Tahun 2021 sebesar Rp8 M hingga saat ini masih ada dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Manggarai Timur.

Baca Juga: Pemuda GMIT Harus Berkolaborasi dengan Pemerintah Untuk Membangun NTT Lewat TJPS

"Apa yang menjadi penyebab utama sehingga permasalahan ini belum terselesaikan hingga tahun 2022 ini. Ingat akibat tidak jelasnya penggunaan dana BOS tersebut, Kementerian Keuangan Republik Indonesia meminta Pemda Matim supaya uang tersebut segera dikembalikan ke kas Negara,"demikian pernyataan Fraksi NasDem–PKS.

Sementara itu, Basilius Teto selaku Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) Manggarai Timur, menjelaskan bahwa terkait pengendapan dana BOS sejak tahun 2011 tersebut, bukan merupakan kewenangan dan tanggung jawabnya.

Menurut Basilius, yang bertanggung jawab atas dana BOS senilai Rp8 Miliar itu Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Manggarai Timur.

Baca Juga: Usai Pantau Kebun TJPS, Gubernur NTT Menari Bonet Bersama Masyarakat O'of

"Terkait dana BOS dengan nilai miliar tersebut Itu ranahnya BKD. Coba saja dulu itu dana kasi ke kami tentu sudah kami gunakan untuk kepentingan sekolah," kata Basilius***

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Ende Dukung Bank NTT Jadi Bank Devisa

Senin, 19 September 2022 | 18:41 WIB

Bupati Nagekeo Ajak Masyarakat Tanam Anakan Bambu

Sabtu, 17 September 2022 | 05:00 WIB
X