Buka Lomba Pacuan Kuda, Bupati Yohanis : Jaga dan Lestarikan Warisan Leluhur

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 20:40 WIB
Beberapa ekor kuda siap untuk mengikuti Lomba Pacuan Kuda di Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Sabtu (9/7/2022).  (Humas Pemkab Sumba Barat)
Beberapa ekor kuda siap untuk mengikuti Lomba Pacuan Kuda di Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Sabtu (9/7/2022). (Humas Pemkab Sumba Barat)

KUPANG, VICTORY NEWS-Bupati Sumba Barat, NTT, Yohanis Dade membuka lomba pacuan kuda, di Kecamatan Lamboya, Sabtu (9/7/2022).

Lomba Pacuan Kuda digelar untuk memeriahkan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022.

Bupati Sumba Barat Yohanis Dade mengatakan Pacuan kuda adalah kebanggaan masyarakat Sumba Barat yang perlu dijaga dan dilestarikan sebagai warisan leluhur.

Pacuan kuda menjadi wahana guna meningkatkan minat masyarakat untuk memelihara kuda serta menjadi event wisata di Sumba Barat.

Baca Juga: Jeriko Harap Pameran Tenun Berdampak Pada Peningkatan Ekonomi di Kota Kupang

"Saya berharap kuda-kuda pacu dari Kecamatan ini dapat mengambil bagian pada perlombaan ini," ujar Bupati Yohanis.

Bupati Yohanis menjelaskan, Pacuan kuda merupakan pesta rakyat Sumba Barat yang harus dijaga ciri khas dan jati dirinya dengan menghadirkan kuda-kuda milik sendiri dan tidak meminjam kuda dari luar daerah hanya demi prestise dan prestasi saja, karena hal itu merupakan kebiasaan yang buruk yang harus dihilangkan.

"Demi suksesnya kegiatan ini, saya juga harapkan dukungan dari para penonton, pemilik kuda pacu, pencinta kuda pacu agar sungguh-sungguh menjaga suasana aman dan tertib selama perlombaan pacuan kuda berlangsung sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan menghibur kita semua. Hindarilah perbuatan-perbuatan yang dapat mengganggu kelancaran kegiatan ini," jelas Bupati Yohanis.

Selain Turnamen Pacuan Kuda, diselenggarakan juga Turnamen Bola Kaki dan Voli yang banyak diminati oleh masyarakat Sumba Barat.

Baca Juga: Idul Adha 2022, Lima Masjid dan Panti Asuhan di Kupang Dapat Hewan Kurban dari Bank NTT

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X