BMKG Sebut Fase Bulan Purnama Picu Banjir Rob di NTT

- Kamis, 14 Juli 2022 | 17:44 WIB
Rumah Andreas Bere yang terendam banjir Rob di Dusun Sukaerlaran, Desa Halibasar, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka, Kamis (30/6/2022).  (victorynews.id/Wilfrid Wedi)
Rumah Andreas Bere yang terendam banjir Rob di Dusun Sukaerlaran, Desa Halibasar, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka, Kamis (30/6/2022). (victorynews.id/Wilfrid Wedi)

KUPANG, VICTORYNEWS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Maritim menyebut fase bulan purnama atau super moon memicu potensi terjadi banjir Rob di perairan NTT.

"Potensi banjir Rob akan berlangsung selama 13-15 Juli," ujar Kepala Stasiun Maritim Tenau Kupang Syaeful Hadi dalam keterangannya, Rabu (13/7/2022).

Ia menjelaskan, potensi ini bakal terjadi akibat adanya pengaruh dari aktivitas astronomi dimana fase Bulan Purnama (Super Full Moon) yaitu posisi Bulan berada pada jarak terdekat dengan Bumi.

Baca Juga: Tim Gabungan Akan Usut Kasus Polisi Tembak Polisi, Libatkan Kompolnas dan Komnas HAM

Hal ini dapat menyebabkan potensi pasang maksimum, serta kondisi gelombang tinggi dan angin kencang dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah Nusa Tenggara Timur berupa potensi banjir pesisir.

"Wilayah yang berpotensi diperkirakan terjadi di pesisir selatan Flores bagian tengah hingga lembata, pesisir selatan pulau Sumba dan pesisir pulau Sabu-Raijua," jelasnya.

Baca Juga: Resmi Dilantik Presiden Jokowi, Ini Empat Lulusan Terbaik Perwira TNI-Polri 2022

Menurutnya, hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam, dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan.

"Masyarakat diiimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Banjir Pesisir, serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," pungkas Syaeful. ***

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perdana, Rakernas FKPTT Diikuti 97 Peserta

Selasa, 29 November 2022 | 23:19 WIB

5 Suku di Malaka Segel Kantor Desa Numponi

Selasa, 29 November 2022 | 08:16 WIB
X