Claude Graves: Orang Sumba Baik dan Izinkan Kami Bangun Hotel Nihiwatu

- Minggu, 17 Juli 2022 | 20:52 WIB
Claude Graves (Kiri) saat bersama beberapa tetua suku di Sumba. Ia menilai orang Sumba baik dan telah mengizinkan dirinya bangun Hotel Nihiwatu. (Tangkapan Layar YouTube Roswita Atik Kulla)
Claude Graves (Kiri) saat bersama beberapa tetua suku di Sumba. Ia menilai orang Sumba baik dan telah mengizinkan dirinya bangun Hotel Nihiwatu. (Tangkapan Layar YouTube Roswita Atik Kulla)

TAMBOLAKA, VICTORY NEWS-Sumba tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga masyarakatnya yang baik. Kebaikan orang Sumba diakui Claude Graves, pendiri Hotel Nihiwatu di Pulau Sumba, NTT.

Bagi Claude Graves, orang Sumba merupakan orang baik yang pernah ditemuinya. Selain karena ia diizinkan membangun Hotel Nihiwatu, juga kearifan masyarakat Sumba untuk duduk bersama menyelesaikan persoalan.

Claude Graves, menceritakan kebaikan orang Sumba yang mengizinkannya membangun Hotel Nihiwatu di Sumba dalam video yang diunggah channel YouTube Roswita Atik Kulla, yang dilansir victorynews.id, Minggu (17/7/2022).

"Orang sumba itu baik, setiap ada persoalan mereka selalu duduk cari solusi, meskipun didahului dengan berapa pertengkaran hebat," jelas dia.

Baca Juga: Kabid Humas Polda NTT: Berkas Ira Ua Masih di JPU, Tidak ada Penambahan Pasal  

Claude Graves ternyata membangun Hotel Nihiwatu setelah mendapat persetujuan orang Sumba.

"Waktu itu kami tidak ingin membangun hotel jika tidak semua orang setuju. Apalagi ada sekat yang tidak bisa diabaikan, karena sebagian tanah di Nihiwatu adalah milik orang Rua Galluwatu, Hodi, Kadoku dan Waihola," jelas Claude Graves.

Menurut Claude Grave, mereka tidak mau membeli tanah dan membangun hotel tanpa persetujuan semua tetua dan generasi-generasi raja dari setiap kampung.

Walaupun mereka awalnya dianggap orang asing atau bule yang bisa pergi kapan saja, pada akhirnya orang Sumba setuju untuk membangun Hotel Nihiwatu.

Baca Juga: Temui Presiden Jokowi di Istana Bogor, Begini Kata Direktur IMF Tentang Perekonomian Indonesia

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X