Presiden Jokowi ke Labuan Bajo, Disparekraf NTT Minta Penolak Tarif Masuk TNK Jaga Kenyamanan

- Rabu, 20 Juli 2022 | 16:40 WIB
Presiden Jokowi dijadwalkan akan berkunjung ke Labuan Bajo, Manggarai Barat.  (Dok Presiden Jokowi)
Presiden Jokowi dijadwalkan akan berkunjung ke Labuan Bajo, Manggarai Barat. (Dok Presiden Jokowi)

KUPANG, VICTORYNEWS - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) NTT meminta demonstran yang menolak kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo (TNK) untuk menjaga situasi kala kunjungan Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi direncanakan berkunjung pada Kamis (21/7/2022) ke Labuan Bajo dan beberapa agenda lainnya termasuk ke Pulau Komodo. Sementara sebelumnya terjadi aksi penolakan tarif Rp3.750.000 pada 18 Juli lalu.

Saat itu, aksi massa berencana akan kembali melakukan protes saat Presiden Jokowi berkunjung bila tak mendapat jawaban pemerintah.

Baca Juga: Kelola Jasa Wisata Pulau Komodo, Masyarakat Perlu Awasi PT Flobamor

Kepala Disparekraf NTT, Zeth Sony Libing, yang dimintai tanggapan justru meminta masyarakat untuk menjaga suasana sebagaimana citra pariwisata Labuan Bajo yang damai.

"Suasana harus aman dan damai karena itu saya menghimbau untuk teman-teman semua menjaga situasi yang aman dan damai sehingga image pariwisata Labuan Bajo itu pariwisata yang sejuk, aman dan nyaman," jawab dia, Rabu (20/7/2022).

Presiden Jokowi akan berkunjung dan bermalam di Labuan Bajo, kata dia, sehingga berbagai agenda telah dipersiapkan dengan baik, termasuk aturan protokol yang diperkuat.

Menurutnya, demonstrasi atau aksi menyampaikan aspirasi adalah hak siapapun yang dijamin dalam konstitusi tetapi perlu juga memperhatikan keamanan dan ketertiban semua pihak.

Baca Juga: PT Flobamor Jadi Pengelola Jasa Wisata Pulau Komodo

Ia juga berterima-kasih kepada aksi massa yang sebelumnya sangat tertib menyampaikan aspirasi, tidak anarkis, sesuai aturan yang ada dan pemerintah menampung maupun menimbang semua aspirasi tersebut.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kabar Terbaru Nasib THL di Manggarai Timur

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:14 WIB
X