Panen Perdana Tanaman Hortikultura di Manggarai Timur, Anggota DPD RI Ajak Warga Tingkatkan Produksi

- Jumat, 29 Juli 2022 | 21:42 WIB
Anggota DPD RI Angelo Wake Kako bersama masyarakat dan perangkat Desa Bangka Kantar pose bersama usai panen tanaman hortikultura. (victorynews.id/Edvon Malyant)
Anggota DPD RI Angelo Wake Kako bersama masyarakat dan perangkat Desa Bangka Kantar pose bersama usai panen tanaman hortikultura. (victorynews.id/Edvon Malyant)

BORONG,VICTORYNEWS - Angelo Wake Kako Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mengajak seluruh lapisan masyarakat Manggarai Timur untuk tingkatkan produksi tanaman hortikultura.

Hal tersebut diungkapkan Anggota DPD RI ini saat d panen perdana tanaman hortikultura di Longko, Desa Bangka Kantar, kecamatan Borong, Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat (29/7/2022).

Kepada victorynews.id Angelo menjelaskan bahan pangan di wilayah Manggarai Timur saat ini masih impor dari daerah lain. Ini menunjukan warga belum mampu untuk memproduksi pangan sendiri.

Baca Juga: Tentang Tambang Pasir Besi di Nagekeo, Begini Jawaban Tegas Komite II DPD RI

Kemudian nasib petani yang cenderung terpinggirkan, dengan penghasilan yang tidak mencukupi. Semoga lewat pengembangan tanaman hortikultura seperti ini ekonomi mereka semakin membaik.

“Kita terus mendorong masyarakat untuk menghasilkan benih unggul dengan memperhatikan mulai dari proses, packaging, standar produksi, benih sudah terdaftar varietasnya untuk peredaran dan diperbanyak melalui sistem sertifikasi benih," katanya.

Selain itu, mempunyai mutu genetik, mutu fisiologis, mutu fisik, serta status kesehatan yang sesuai dengan standar mutu atau persyaratan teknis minimal dan dapat dipertanggung jawabkan.

Baca Juga: Gerakan Sekolah Menyenangkan Ala SMKS Katolik Kusuma Atambua

"Bukan hanya itu kita juga berupaya untuk bertani yang cerdas, memanfaatkan teknologi, menggandeng pihak swasta, serta senantiasa berinovasi membangun kemitraan menuju petani yang mandiri di Wilayah Manggarai Timur," jelasnya.

Dirinya pun berharap semua elemen masyarakat setelah melihat hasil panen pertanian hortikultural yang melimpah dan mempunyai nilai jual tinggi kelak menaikkan pendapatan petani.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X