Luka Belum Terobati, Lima KK Korban Seroja di Kabupaten Malaka Pasrah

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 04:30 WIB
Lima kepala keluarga di Dusun Kobadiin, Desa Naimana, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka yang pasrah karena namanya tidak termasuk penerima Bantuan Rumah Seroja, padahal rumah mereka disapu banjir.  (victorynews.id/Wilfrid Wedi)
Lima kepala keluarga di Dusun Kobadiin, Desa Naimana, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka yang pasrah karena namanya tidak termasuk penerima Bantuan Rumah Seroja, padahal rumah mereka disapu banjir. (victorynews.id/Wilfrid Wedi)

BETUN, VICTORYNEWS - Badai seroja yang terjadi pada 4 April 2021 lalu menyisakan duka dan pilu juga bagi masyarakat Kabupaten Malaka, NTT.

Secara khusus, masyarakat yang bermukim di pinggir aliran sungai Benenain.

Luka dan trauma itu masih terngiang  dalam benak mereka dikala banjir bandang datang dengan ketinggian mencapai 2-3 meter itu.

Baca Juga: Jelang Hari Hutan Indonesia, Pemuda Pancasila Lamba Leda Timur Tanam Ratusan Anakan Pohon

Bukan hanya itu, banjir itu meluluhlantahkan ribuan rumah, ratusan  hektare lahan pertanian mereka.

Kendati demikian, untuk mengobati rasa pilu dan duka yang mereka alami pemerintah menggelontarkan dana tunggu hunian sebesar Rp834 juta kepada 556 kepala keluarga dengan kategori rumah rusak berat lalu dibagi per KK Rp1.500.000 selama tiga bulan.

Kemudian, sebagai bentuk kompensasi atas kerusakan itu pemerintah berencana akan membangun kembali rumah sesuai standar yang ditetapkan.

Baca Juga: Heboh, Pegawai BPN Nagekeo Nyaris Adu Jotos dengan Warga Desa Ulupulu

Sementara, kepala keluarga dengan kategori rumah rusak sedang dan ringan akan dilakukan secara swakelola oleh masyarakat.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anggota DPR RI Ratu Wulla Kunker di Kabupaten TTS

Minggu, 20 November 2022 | 20:23 WIB
X