Bulan Operasi Timbang: Alat Ukur Timbang di NTT Hanya 2.730 Paket, Posyandu Lebih dari 10.000

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 12:12 WIB
Petugas menunjukkan alat ukur timbang sesuai standar baik untuk mengukur tinggi badan, panjang badan, dan berat bada. Timbangan badan menggunakan timbangan digital (victorynews.id/Beverly Rambu)
Petugas menunjukkan alat ukur timbang sesuai standar baik untuk mengukur tinggi badan, panjang badan, dan berat bada. Timbangan badan menggunakan timbangan digital (victorynews.id/Beverly Rambu)

 

KUPANG, VICTORYNEWS-Dinas Kesehatan Provinsi NTT mengakui sampai saat ini jumlah alat ukur timbang terstandar di Provinsi NTT masih sangat minim dibandingkan jumlah Posyandu yang tersebar di seluruh NTT.

Iwan Pellokila dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Kamis (2/8/2022) mengatakan berdasarkan data yang diperoleh, sampai saat ini ada sampai dengan saat ini jumlah alat ukut timbang yang terstandar di NTT sebanyak 2.730 paket sementara jumlah Posyandu di NTT mencapai lebih dari 10.000 lokasi.

Meski demikian, Iwan Pelokilla mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan berbagai strategi dan simulasi agar dengan keterbatasan alat ukur, Bulan Operasi Timbang bisa sukses dilaksanakan dan bisa mengcover seluruh anak di seluruh Posyandu yang ada di NTT.

Baca Juga: Simak Cerita Jennifer, Pengacara Perempuan Yang Berubah Menjadi She Hulk

"Simulasi kami lakukan sampai kemungkinan yang paling jelek 1 alat dipakai oleh 8 Posyandu sehingga bisa mengcover seluruh Posyandu," ujarnya.

Ia menjelaskan alat ukur timbang yang digunakan merupakan alat ukur timbang yang sudah sesuai dengan Peraturan Mentri Kesehatan (Perkemenkes) yang terbaru.

"Jadi alat antropometri, timbangannya sudah digital dan terstandar, tidak lagi menggunakan dacing dan alat konvonsional lainnya," jelas Iwan.

Baca Juga: Hasil Audit BPKP: Perumda Tirta Komodo Jadi BUMD Air Minum 'Tersehat' di NTT

Ia mengatakan pengadaaan alat ukur timbang sesuai standar sudah diserahkan ke kabupaten/kota namun dengan berbagai keterbatasan jumlah alat yang tersedia sampai saat ini hanya 2.730.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Terkini

PLBN Motaain Dukung BKP Cegah Masuknya Virus PMK

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:06 WIB

Pejabat Lingkup Kejati NTT Dimutasi, Ada Kajari Sikka

Senin, 15 Agustus 2022 | 12:39 WIB

Bupati Kupang Panen Bawang Merah di Pulau Semau

Minggu, 14 Agustus 2022 | 04:56 WIB
X