PLTU Timor-1 Sukses Lalui Tahapan Boiler Hydo Test, PLN Komit Dukung Proyek Strategis Nasional

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 10:24 WIB
PLN UPP Nusa Tenggara berhasil melakukan pengujian pemadatan. (Dok. PLN)
PLN UPP Nusa Tenggara berhasil melakukan pengujian pemadatan. (Dok. PLN)

KUPANG, VICTORYNEWS-PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara berhasil melaksanakan proses Boiler Hydrotest atau pengujian pemadatan dengan air pada Boiler Unit#1 PLTU Timor-1 (2 x 50 MW).

Keberhasilan ini menjadi milestone atau salah satu tahapan penting proses penyelesaian pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Timor-1 (2 x 50 MW).

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Nusa Tenggara Wahidin mengatakan pihaknya berhasil melaksanakan tahapan hydrostatic test pada 17 Juli 2022.

Ia menjelaskan, peralatan boiler ini merupakan jantung dari PLTU karena berfungsi menghasilkan uap yang digunakan untuk memutar turbin agar menghasilkan tenaga listrik.

Baca Juga: Kota Kupang Punya SPKLU, Ini Cara Isi Daya Kendaraan Listrik Dengan PLN Mobile

Setelah tahap boiler hydrostatic test, maka akan dilakukan pembersihan pipa.

“Pada proses pengujian ini, pipa diisi air dengan menggunakan tekanan ekstra tinggi, yaitu satu setengah kali lebih tinggi dari keadaan normal. Pengujian ini bertujuan untuk memastikan pipa-pipa boiler sudah aman dan tidak terdapat kebocoran, guna memastikan proses konstruksi yang dilakukan sesuai standar teknis yang ditetapkan,” jelas Wahidin.

Secara teknis, tahapan berikutnya setelah capaian proses saat ini adalah untuk mempersiapkan proses backfeeding, proses ini merupakan sambungan listrik sementara yang digunakan pembangkit untuk menguji kesiapan masing-masing alat (Individual Test) dan pengujian peralatan secara bersamaan (commissioning) sebelum tahap operasional.

Tim PLN UPP usai berhasil melakukan proses Boiler Hydrotest atau pengujian pemadatan dengan air pada Boiler Unit#1 (Dok PLN)

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLBN Motaain Dukung BKP Cegah Masuknya Virus PMK

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:06 WIB

Pejabat Lingkup Kejati NTT Dimutasi, Ada Kajari Sikka

Senin, 15 Agustus 2022 | 12:39 WIB

Bupati Kupang Panen Bawang Merah di Pulau Semau

Minggu, 14 Agustus 2022 | 04:56 WIB
X