Pungut Uang Untuk Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke 77, Wakil Bupati Kupang: Itu Pungli

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 06:35 WIB
Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengomentari pungutan dari Pemerintah Kecamatan Fatuleu untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 77. (victorynews.id/Alfred Otu)
Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengomentari pungutan dari Pemerintah Kecamatan Fatuleu untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 77. (victorynews.id/Alfred Otu)

OELAMASI, VICTORYNEWS - Wakil Bupati Kupang mengatakan, pungutan yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Fatuleu untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 77 itu bagian dari pungutan liar atau pungli.

Pasalnya Pemerintah Kecamatan Fatuleu sudah menetapkan nominal pungutan untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 77.

"Kalau mau Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke 77 tidak boleh ada pungutan seperti sudah ditetapkan nominal sebesar Rp5 juta hingga Rp 50 ribu, kecuali ada sukarela," ucap Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe di Oelamasi, Kabupaten Kupang, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga: Pemerintah Kecamatan Fatuleu Pungut Uang Untuk Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke 77

Dia mengatakan, kontribusi itu tidak harus ditetapkan nominalnya, namun ada sumbangsi yang bersifat kerelaan.

Dia menjelaskan pemerintah Kecamatan boleh saja membuat rancangan anggaran dana untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 77 di kecamatan, tetapi sumbangsih yang diberikan itu tidak harus ditetapkan tarif tertentu.

Bagi dia penetapan anggaran untuk HUT Kemerdekaan RI ke 77 di Kecamatan itu harus rasional.

Baca Juga: VIRAL... PMI di Dubai Menangis Minta Pulang, Ada Apa?

"Perayaan macam apa saja dengan anggaran sampai Rp100 juta lebih boleh dirayakan, tetapi tidak membebankan orang lain," ujarnya.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X