Ketua Dekranasda NTT Ingin Tos Kenegaraan di NTT Selalu Gunakan Tuak Manis Dalam Haik

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 07:45 WIB
Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrisno Laiskodat (Memakai selempang) mencicipi tuak manis saat launching Lopo Tuak Manis Kolhua, pada Rabu (17/8/2022), yang digagas Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi NTT.  (Dok.Dekranasda NTT)
Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrisno Laiskodat (Memakai selempang) mencicipi tuak manis saat launching Lopo Tuak Manis Kolhua, pada Rabu (17/8/2022), yang digagas Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi NTT. (Dok.Dekranasda NTT)

KUPANG, VICTORYNEWS-Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrisno Laiskodat menginginkan tos kenegaraan yang lazimnya dilakukan usai upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI mulai saat ini menggunakan Tuak Manis di dalam haik (Gelas yang dianyam dari daun lontar).


Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrisno Laiskodat menyampaikan itu di sela-sela perayaan tos kenegaraan di Rujab Gubernur NTT, Rabu (17/8/2022) malam.

Ketua Dekranasda NTT, yang juga anggota DPR RI itu mempunyai keinginan berbeda. Dia menginginkan agar kedepan tos kenegaraan dapat menggunakan tuak manis, minuman tradisional dari pohon lontar.

Baca Juga: Pemkab Lembata Komit Serahkan Pelabuhan Lewoleba kepada Pemerinta Pusat

"Biasanya tos kenegaraan menggunakan gelas piala dan diisi dengan minuman bermerk untuk para pejabat akan tetapi dalam momentum kali ini, berbeda dengan digunakannya haik dan tuak manis," ujar Ketua Dekranasda NTT.

Begitu juga dengan wadahnya, menurut Bunda Julie Laiskodat, alangkah lebih bagus dan menarik jika menggunakan 'haik' atau wadah yang biasanya digunakan untuk menampung air maupun tuak, yang dibuat dari anyaman daun lontar.

Keinginan ini, kata Bunda Julie didasari spirit pemerintah Provinsi NTT menjadikan pariwisata sebagai prime mover pembangunan di NTT.

"Oleh karenanya, berbagai kearifan lokal termasuk minuman tradisional seperti tuak dan haik sebagai wadah perlu mendapat tempat istimewa dalam berbagai momentum," jelasnya.

Baca Juga: Ternyata Ada Dua Pelajar NTT Jadi Anggota Paskibraka Nasional Tahun 2022. Siapa Saja Mereka?

Bunda Julie menambahkan, sebelumnya ia menghadiri acara launching Lopo Tuak Manis Kolhua, pada Rabu (17/8/2022) yang digagas Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi NTT.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X