Terbukti Bersalah, Hakim Vonis Ramling 4,5 Tahun Penjara dalam Kasus Korupsi Batu Cermin

- Rabu, 14 September 2022 | 20:14 WIB
Majelis hakim tindak pidana korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Kupang menjatuhkan vonis 4,5 tahun penjara bagi Ramling dalam kasus korupsi di Batu Cermin, Manggarai Barat, NTT dalam sidang yang digelar, Rabu (14/9/2022).  (Victorynews.id/Simon Selly)
Majelis hakim tindak pidana korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Kupang menjatuhkan vonis 4,5 tahun penjara bagi Ramling dalam kasus korupsi di Batu Cermin, Manggarai Barat, NTT dalam sidang yang digelar, Rabu (14/9/2022). (Victorynews.id/Simon Selly)

KUPANG, VICTORYNEWS-Majelis hakim pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Kupang menjatuhkan hukuman 4,5 tahun penjara (4 tahun enam bulan penjara) bagi Ramling.

Ramling divonis 4,5 tahun penjara karena terbukti bersalah dalam kasus korupsi aset Negara berupa tanah di Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Hukuman 4,5 tahun dibacakan hakim Ketua Wari Juniati dalam sidang dengan agenda putusan atau vonis kepada terdakwa Ramling, yang digelar pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Kelas 1A (Pengadilan Negeri) Kupang, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: 16 Calon Anggota KPID NTT Ikut Fit And Proper Test, Tujuh Diantaranya Perempuan

Hakim ketua Wari Juniati, dalam amar putusannya menyatakan, terdakwa Ramling terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi.

"Menjatuhkan pidana kurungan kepada terdakwa dengan pidana kurungan 4 tahun dan 6 bulan kurungan, dan denda senilai Rp750 juta. Dengan ketentuan bila denda tersebut tidak dibayarkan maka akan diganti dengan pidana kurungan selama dua bulan kurungan," terang hakim Wari Juniati.

Terhadap putusan majelis hakim, Jaksa Penuntut Umum Kejari Manggarai Barat, Herry C Franklin menyatakan banding.

Baca Juga: Komisi I DPRD NTT bakal Usulkan Tujuh Calon Anggota KPID kepada Gubernur

"Yang mulia kami banding," kata penuntut umum.

Sedangkan untuk penasihat hukum Ramling, Aldri Dalton Ndolu menyatakan pikir-pikir atas putusan majelis hakim.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X