Berantas Mafia Tanah, Polres Sumba Barat Teken MoU Bersama BPN

- Selasa, 27 September 2022 | 17:24 WIB
Kapolres Sumba Barat dan Kepala BPN Sumba Barat teken MoU terkait upaya pemberantasan mafia tanah di Kabupaten Sumba Barat, NTT.  (Dok.protokol Setda Sumba Barat)
Kapolres Sumba Barat dan Kepala BPN Sumba Barat teken MoU terkait upaya pemberantasan mafia tanah di Kabupaten Sumba Barat, NTT. (Dok.protokol Setda Sumba Barat)

WAIKABUBAK, VICTORYNEWS-Polres Sumba Barat teken nota kesepakatan (MoU) bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sumba Barat dalam upaya pemberantasan mafia tanah di wilayah Kabupaten Sumba Barat, NTT.

Penandatanganan MoU dilakukan Kapolres Sumba Barat, AKBP Anak Agung Gede Anom Wirata dan kepala BPN Kabupaten Sumba Barat, Yance Andrianus Talan.

Penandatanganan MoU ini disaksikan langsung Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sumba Barat Imanuel M Anie, Kasdim 1613 Sumba Barat, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Sumba Barat dan undangan lainnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi ingin Krisis Pangan Global Menjadi Peluang Ekonomi Digital

Kepala BPN Sumba Barat Yance Adrianus Talan mengatakan tujuan MoU tersebut untuk membentuk tim terpadu pencegahan dan pemberantasan mafia tanah di Sumba Barat.

Menurut Kepala BPN, mafia tanah masih menjadi permasalahan yang dihadapi baik pemerintah dan masyarakat.

"Mafia tanah masih menjadi penyebab maraknya sengketa tanah dan sengketa tanah yang diakibatkan oleh mafia tanah akan menimbulkan kasus pertanahan," ujar Kepala BPN Sumba Barat, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga: Hari Terakhir Pendaftaran, Bawaslu Manggarai Timur Catat 109 Orang Daftar Panwascam

Sementara, Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gede Anom Wirata mengatakan bahwa seringkali konflik tentang pertanahan terjadi karena adanya mafia tanah yang melakukan kejahatan di bidang pertanahan.

Modusnya, lanjut Kapolres, dengan menggunakan cara penguasaan atau kepemilikan tanah yang tidak sesuai dengan prosedur hukum bahkan dengan melawan hukum.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X