Gandeng Yayasan Sulinama Dikbud Kabupaten Nagekeo Gelar Pelatihan Guru PAUD Berbasis Bahasa Ibu

- Kamis, 24 November 2022 | 09:48 WIB
Bupati Nagekeo dr Johanes Don Bosco Do didampingi Kepala Dikbud Kabupaten Nagekeo Venantius Minggu pose bersama para guru PAUD yang mengikuti pelatihan bersama Yayasan Sulinama. (victorynews.id/Bernard Sapu)
Bupati Nagekeo dr Johanes Don Bosco Do didampingi Kepala Dikbud Kabupaten Nagekeo Venantius Minggu pose bersama para guru PAUD yang mengikuti pelatihan bersama Yayasan Sulinama. (victorynews.id/Bernard Sapu)

MBAY, VICTORYNEWS - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Nagekeo menggandeng Yayasan Sulinama menggelar Pelatihan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Bahasa Ibu .

Kepala Bidang Pengelolaan PAUD Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dikbud Kabupaten Nagekeo, Ramudan Abubakar mengatakan, pelatihan guru PAUD Berbasis Bahasa Ibu ini untuk memudahkan guru PAUD dalam menerapkan metode pembelajaran bagi anak didik di sekolah.

"Dengan adanya pelatihan ini Dikbud Kabupaten Nagekeo ingin bagaimana Guru PAUD mengajar anak PAUD dengan menggunakan budaya lokal dan bahasa dan kebiasaan bahasa daerah setempat," katanya.

Baca Juga: 5 Hal Memalukan Saat Yoga Tapi Normal dan Wajar, Nomor 3 Sudah Bikin Senyum-Senyum!

Jumlah Guru PAUD yang mengikuti kegiatan pelatihan ini sejumlah 12 orang baik itu kober maupun guru TK dari Kecamatan Aesesa Selatan. 

Ramudan Abubakar, kegiatan ini mampu menghasilkan output do tingkat awal PAUD mampu menghasilkan generasi yang mampu berbahasa daerah bahasa Indonesia yang baik.

"Harapan kita sesuai dengan amanat Undang-undang yakni harus bisa mencerdaskan anak bangsa yang mampu berbahasa Indonesia dan bahasa daerah di tempat tinggal masing-masing," katanya.

Baca Juga: Inspirasi Pagi: Kisah Air Pahit dan Kolam yang Luas

Sementara itu salah seorang staf dari Yayasan Sulinama, Treysye Kissya menjelaskan, penerapan metode pembelajaran dengan menerapkan bahasa ibu sudah dilakukan sejak tahun 2021 pada 10 sekolah di wilayah Kecamatan Boawae.

Dalam penerapannya, lanjut Treysye Kissya pihak Yayasan Sulinama berkolaborasi dengan inovasi, guru PAUD dan lembaga pendidikan Citra Bhakti Ngada dengan membentuk satu tim manajemen pengembangan kurikulum.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kabar Terbaru Nasib THL di Manggarai Timur

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:14 WIB
X