OJK NTT Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Semarak HIM 2020

berbagi di:
img-20200903-wa0029

 

Foto bersama para pemenang lomba untuk menyemarakkan Hari Indonesia Menabung. 

 

 
Putra B Mula

 
KANTOR OJK Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan hadiah kepada para pelajar Provinsi NTT yang menjadi pemenang lomba yang memeriahkan Hari Indonesia Menabung (HIM) tahun 2020.

Penyerahan ini diberikan pada pemenang Lomba Tiktok, Lomba Menyanyi ‘Menabung’, Lomba Artikel dan Lomba Design Flyer dengan tema Hari Indonesia Menabung.

Kepala OJK Provinsi NTT, Robert HP. Sianipar dalam keterangannya yang diterima VN, Kamis (3/9), menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas antusiasme para pelajar dalam semarak kegiatan Hari Indonesia Menabung OJK NTT.

“Kegiatan perlombaan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terutama pelajar terkait dengan pentingnya menabung sejak dini, kebiasaan menabung sedini mungkin secara tidak langsung mengajarkan masyarakat khusunya pelajar untuk dapat bertanggung jawab dalam pengelolaan Keuangan,” kata dia.

Ia menyebut kegiatan tersebut juga bertujuan mewujudkan kepemilikan rekening oleh masyarakat khususnya pelajar dalam program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) serta dalam upaya meningkatkan semangat pelajar dalam budaya menabung.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama antara Otoritas Jasa Keuangan, Pemerintah Provinsi NTT, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota seluruh NTT dan Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan Provinsi NTT.

Penyerahan hadiah kepada para pemenang dilakukan Kepala OJK Provinsi Nusa Tenggara Timur, bertempat di Kantor OJK Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Untuk lomba Tik Tok tingkat SD, SMP, SMA sederajat, Juara 1 diraih pemilik akun IG @arlinda.fourens_, Juara 2 diraih pemilik akun IG @unipisdon, dan Juara 3 diraih pemilik akun IG @_aprianidangga. Sementara juara favorite diraih oleh pemilik akun IG @jaztin.rikony.

Para pemenang mendapatkan sertifikat dan hadiah masing-masing juara 1, 2, 3 dan favorit sebesar Rp5 juta, Rp3 juta, Rp2 juta dan Rp1juta.

Untuk lomba menyanyi “Menabung” untuk tingkat SD sederajat, Juara 1 diraih oleh pemilik akun IG @zam_faqih, Juara 2 diraih pemilik akun IG @azaryambate, Juara 3 diraih pemilik akun IG @hinelia_palabuan. Pemenang mendapatkan sertifikat dan hadiah masing-masing juara 1, 2, dan 3 sebesar Rp2 juta, Rp1,5 juta dan Rp1 juta.

Sementara lomba artikel untuk tingkat SMP sederajat, Juara 1 diraih oleh Chezyawani Miliarderr Toy dan kawan-kawan, Juara 2 diraih oleh Fourteen Rini sedangkan Juara 3 diraih oleh Muhammad Irfan. Pemenang mendapatkan sertifikat dan hadiah masing-masing Juara 1, 2, dan 3 sebesar Rp3 juta, Rp2,5 juta dan Rp2 juta.

Sedangkan untuk lomba flyer tingkat SMA, sederajat, juara 1 diraih pemilik akun IG @jimi.seran_, juara 2 diraih pemilik akun IG @nadine_prayitna, juara 3 diraih pemilik akun IG @ddddiiiaaaaaaaa. Pemenang mendapatkan sertifikat dan hadiah masing-masing juara 1,2, dan 3 sebesar Rp4 juta, Rp3 juta dan Rp2 juta.

“Terima kasih dan selamat kepada para pemenang lomba,” ungkap Robert.

Ia juga berharap lomba yang dilakukan dapat meningkatkan inklusi keuangan dan mendorong budaya menabung sejak dini.

Ia juga menyampaikan tingkat inklusi keuangan di Provinsi Nusa Tenggara Timur berdasarkan hasil survei OJK yang dilaksanakan tahun 2019 masih di bawah nasional. Tingkat inklusi keuangan secara nasional tahun 2019 sebesar 76,19 persen sedangkan untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur sebesar 60,63 persen.

Hari Indonesia Menabung (HIM) ini merupakan lanjutan dari kampanye nasional gerakan menabung yang sudah ada sejak 20 Agustus 1971, yang populer saat itu dengan sebutan Tabungan Pembangunan Nasional (Tabanas) dan Tabungan Asuransi Berjangka (Taska).

Kegiatan ini diperingati sebagai salah satu upaya dalam rangka meningkatkan Inklusi keuangan, yang secara nasional ditetapkan kembali melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 26 Tahun 2019 diperingati setiap tanggal 20 Agustus. (Yan/ol)