Komentar Pengawasan Pertandingan ETMC 2022 Lembata : Wasit yang jadi Kambing Hitam

- Jumat, 23 September 2022 | 20:39 WIB
Asprov PSSI NTT memberikan keterangan pers terkait kerusuhan suporter Perseftim vs Perse Ende di Gelora 99, Jumat (23/9/2022) malam.  (victorynews.id/Hiero Bokilia)
Asprov PSSI NTT memberikan keterangan pers terkait kerusuhan suporter Perseftim vs Perse Ende di Gelora 99, Jumat (23/9/2022) malam. (victorynews.id/Hiero Bokilia)

LEWOLEBA, VICTORYNEWS - Kepemimpinan wasit selama pelaksanaan Liga III ETMC XXXI Lembata, Porprov NTT 2022 yang seringkali disoroti dan menjadi biang kerusuhan, ternyata selalu dievaluasi oleh Pengawas Pertandingan setiap pagi dan malam usai pertandingan.

Pengawas Pertandingan, Bina Jenadut menjawab victorynews.id dalam jumpa pers di Palm Indah Hotel, Lewoleba, Jumat (23/9/2022) malam, menjelaskan, Pengawas Pertandingan selaku melakukan evaluasi setiap pagi dan malam usai pelaksanaan pertandingan.

"Prinsipnya, kalau jalankan tugas secara baik dan benar. Hanya soal beda kepentingan. Pelatih punya kepentingan timnya harus menang. Wasit punya kepentingan melaksanakan tugas secara baik dan benar," ujarnya.

Baca Juga: Suporter Perseftim Flores Timur Rusuh, Perse Ende Lolos ke Semifinal ETMC 2022 Lembata

"Kebiasaan kita keinginan yang tidak memenuhi target maka wasit yang jadi kambing hitam. Suporter dan pelatih rasa diri lebih tahu dari wasit dan ini yang jadi soal," tegas Bona Jenadut.

Sebagai manusia, lanjutnya, tugas sebagai Pengawas Pertandingan melakukan evaluasi sesuai penglihatan selama pertandingan.

Pengawas Pertandingan, lanjutnya, tidak pernah mengintervensi keputusan wasit, karena keputusan wasit bersifat mutlak dan mengikat dan tidak diintervensi oleh siapa pun.

Baca Juga: 10 Petinju NTT di Popnas Sumsel 2023 Kuliah Gratis di UPG 45

"Nanti baru pengawas lihat kinerjanya dan dievaluasi setelah pertandingan. Paling keras tidak menugaskan yang bersangkutan di pertandingan berikutnya," katanya.

"Jadi saya mohon kita saling tahu tugas masing-masing dan tidak mengatakan wasit salah. Sebagai manusia dia bisa salah dan selalu evalusi," tandas Bona Jenadut. ***

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Neymar Menjadi Penyerang Terbaik di PSG Musim Ini

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 20:29 WIB
X