OPD Harus Buang Ego Sektoral

berbagi di:
foto-hal-13-bimtek-kab-kupang

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe (dua dari kiri) memberikan arahan di aula Kantor Bupati Kupang, Senin (7/10). Foto; Alfret Otu/VN

 
Alfret Otu

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) adalah partner kerja demi mewujudkan Kabupaten Kupang yang maju, mandiri dan sejahtera sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kupang. Oleh karena itu setiap OPD harus mau berkerja sama dan saling mendukung serta membuang ego instansi.

Semangat mewujudkan masyarakat Kabupaten Kupang yang maju dan sejahtera wajib digalakan dengan memberikan pelayanan terbaik. Aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Kupang perlu berkerja dengan serius dan sungguh terutama dalam menyukseskan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan di masyarakat

Demikian disampaikan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe saat membuka secara resmi bimbingan teknis sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (Sakip), di aula Kantor Bupati Kupang, Senin (7/10).

Hadir pada kesempatan tersebut Sekda Kabupaten Kupang Obet Laha, Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang Victoria Kanahebi serta sejumlah pimpinan organisasi perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten Kupang di antaranya Kepala Dinas (Kadis) Sosial Yohanis Masneno, Kadis Fahren Funay, Kadis Nakertrans Kris Koroh dan para peserta Bimtek Sakip.

Manafe mengatakan perlunya sinkroninsasi peraturan terkait akuntabilitas perencanaan, penganggaran dan sistem akuntabilitas di daerah. Kegiatan Bimtek tersebut diharapkan Manafe dapat menjadi momentum bertukar pikiran dan menambah pengetahuan dalam rangka mewujudkan tata kelola keuangan yang lebih baik di Kabupaten Kupang.

Setiap OPD harus mau berkerja sama dan saling mendukung, membuang ego instansi dan harus saling bekerjasama sebagai partner kerja demi mewujudkan Kabupaten Kupang yang maju, mandiri dan sejahtera sesuai dengan visi dan misi pemerintah Kabupaten Kupang.
Kepada para peserta Bimtek yang terdiri dari pimpinan OPD, Sekretaris dan Kepala Sub bagian perencanaan, Manafe berharap untuk dapat menyimak dan mengikuti kegiatan Bimtek secara baik hingga akhir.

Sementara ketua Panitia Penyelenggara Titus Tinenti menyatakan Bimtek Sakip ini bertujuan untuk menyamakan pemahaman tentang pentingnya penerapan SAKIP, guna mewujudkan pemerintahan yang akuntabel, dan memberikan pendampingan terhadap penyusunan dokumen SAKIP di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kupang.

Dia menjelaskan, kegiatan bimbingan teknologi bertempat di aula Kantor Bupati Kupang dan dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 7 hingga 9 Oktober yang berkerja sama dengan BPKP Perwakilan NTT.(mg-07/S-1).