Pariwisata Perlu Peran Kampus

berbagi di:
Menteri Pariwisata Arief Yahya saat menerima penghargaan dari UNWTO---Foto Dok: www.facebook.com/kemenpar

 

 

Peran perguruan tinggi dalam mengembangkan pariwisata Indonesia dinilai sangat penting. Terutama untuk menyiapkan sumber daya manusia SDM kepariwisataan. Terlebih saat ini pemerintah melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sedang menggenjot pertumbuhan destinasi wisata baru di Tanah Air.

Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya seusai menjadi pembicara utama pada seminar bertajuk Indonesia Tourism and Entrepreneurship Between Local Business Creation and Global Competition, di Kampus President University, Kawasan Jababeka, Cikarang, Jawa Barat, kemarin (Senin, 25/9).

“Saya meminta kalangan perguruan tinggi, khususnya yang mempunyai program studi (prodi) pariwisata, ikut menyiapkan insan akademiknya. Karena pengembangan pariwisata berkelanjutan adalah komunitasnya masyarakat. Nah, Kemenpar tidak mungkin mampu turun langsung, namun kalau perguruan tinggi pasti bisa,” kata Menpar.

Ia juga berharap President University dapat mengembangkan manufacturing tourismatau pariwisata bagi kalangan pekerja. Mengingat, kampus itu berada di lingkungan industri.

“Daerah Cikarang penuh dengan industri dengan pekerja yang sibuk pada hari kerja. Pada akhir pekan mereka sangat kurang mendapatkan tempat pariwisata yang layak untuk mengusir kepenatan. Nah, saatnya menciptakan kawasan pariwisata yang menarik di sini,” cetusnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik President University, Dwi Larso, menyambut positif usulan tersebut. “Keberadaan kampus kami di tengah ribuan industri di Jababeka harus mampu mengambil manfaat sebesar-besarnya. Tentu usul Pak Menteri tentang manufacturing tourism menjadi masuk-an berharga kami,” tegas Dwi Larso yang juga dosen ITB itu.

Dalam kesempatan itu, Menpar meresmikan SetSail Biz Accel, pusat inkubasi di President University sebagai sarana untuk mempertemukan para wirausahawan sebagai mentor, mahasiswa, pemodal, dan dosen pembina. Menpar berpesan agar SetSail Biz Accel diarahkan untuk mengembangkan start-up baru. (Bay/H-3)

 

Sumber: Media Indonesia