Menengok Indahnya Padi Sawah Berundak di Mukun Manggarai Timur

- Jumat, 6 Mei 2022 | 18:21 WIB
Sawah berundak atau bertingkat-tingkat  di Lodok Pighong, Mukun, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Jumat (6/5/2022).  (Dok.Mulia Donan)
Sawah berundak atau bertingkat-tingkat di Lodok Pighong, Mukun, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Jumat (6/5/2022). (Dok.Mulia Donan)

BORONG, VICTORY NEWS-Mukun merupakan sebuah Kota Kecil di Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

Mukun memang baru saja diresmikan menjadi Ibu Kota Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur tahun 2021 lalu.

Namun julukan Mukun sebagai Kota Tua telah ada sejak zaman misionaris Katolik masuk ke wilayah Mukun. Sebab Gereja Santu Pius ke X Mukun merupakan salah satu Gereja tertua di Manggarai Raya.

Baca Juga: Enggan Corat-coret, Siswi SMA Swasta Nesi Neonmat Sumbang Pakaian Seragam untuk Almamater

Mukun sangat terkenal dengan tanahnya yang subur. Padi, fanili, cengkeh, Kopi, Kakao, berbagai jenis umbi-umbian, pisang, aneka tanaman hortikultura, tumbuh subur di sana.

Mukun juga terkenal dengan panorama alamnya yang indah nan harmonis. Salah satu panorama alam yang belum banyak diketahui wisatawan adalah sawah berundak atau berbentuk terasering yang ada pada hampir setiap perbukitan di Mukun.

Masyarakat Mukun sebagian besar bertani. Semua petani memiliki lahan sawah dan kebun sendiri. Hampir 70 persen tebing dan bukit di Mukun adalah persawahan berundak yang dibangun sejak zaman nenek moyang.

Baca Juga: Wow, Hampir Tak Pernah Jadi Staf, Herman Man Jabat Kepala Dinas Kesehatan Hingga Pensiun

Salah satu sawah berundak yang kini sedang digandrungi kaum milenial adalah lokasi sawah berundak di Lodok Pighong.

Lodok merupakan bahasa lokal terkait sistem pembagian tanah di Manggarai Raya yang berbentuk sarang laba-laba.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X