Borobudur jadi Destinasi Pariwisata Super Premium Ramah Lingkungan

- Minggu, 5 Juni 2022 | 20:59 WIB
Menko Luhut Binsar Panjaitan saat meresmikan Borobudur sebagai Destinasi Pariwisata Super Premium Ramah Lingkungan (Dok. Kemenko)
Menko Luhut Binsar Panjaitan saat meresmikan Borobudur sebagai Destinasi Pariwisata Super Premium Ramah Lingkungan (Dok. Kemenko)

MAGELANG, VICTORYNEWS--Menko Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borubudursebagai DPSP ramah lingkungan, Sabtu (4/5/2022).

Dikutip victorynews.id dari laman martim.go.id, usai peresmian Borobudur sebagai DPSP, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan semua pihak harus bisa menerapkan peta jalan prinsip biru, hijau, dan sirkular pada lima DPSP di Indonesia.

Salah satunya, menyinergikan BUMN dalam pengembangan ekosistem kendaraan pariwisata berbasis listrik, penggunaan energi terbarukan untuk akomodasi, pengolahan sampah, dan penerapan instrumen ekonomi lingkungan hidup.

Baca Juga: Pencarian Jasan Eril, Putra Sulung Ridwan Kamil Diteruskan Hingga Batas Waktu yang Tidak Ditentukan

Menurutnya, sesuai arahan Presiden pada Rapat Terbatas 2019 lalu agar melaksanakan relokasi parkir dan pedagang dari Zona 2 ke lapangan Kujon di kawasan DPSP Borobudur.

Arahan presiden juga menyangkut pembangunan infrastruktur pariwisata, pengembangan Historical Botani Garden, dan perbaikan tata kelola dan lembaga.

Baca Juga: Jabat Kepala Kantor Bahasa NTT, Elis Setiati Bidik Juara 1 Duta Bahasa Nasional

Pada peresmian DPSP Borobudur sebagai destinasi ramah lingkungan dan berkelanjutan, Menko Luhut mengapresiasi Kementerian BUMN dan BUMN yang terlibat atas peluncuran SPKLU di DPSP Borobudur.

“Ini menjadi momentum kita bersama, untuk konsisten mengawal pembangunan destinasi pariwisata di Indonesia, dengan konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan. Sekaligus upaya kita mempersiapkan amenitas dalam mendukung agenda G20 pada tahun ini”, ungkap Menko Luhut pada sambutannya.

Selanjutnya, Menko Luhut juga menyerukan agar segera dilakukan percepatan pengadaan kendaraan pariwisata berbasis listrik khususnya di lima kawasan DPSP, yaitu Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Candi Borobudur Diinisiasi Jadi Wisata Akhir Pekan

Minggu, 31 Juli 2022 | 18:45 WIB
X