Dinilai tak Tepat Sasaran, Pelaku Usaha Pariwisata Pertanyakan Pembangunan Toilet di Desa Koanara Ende

- Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB
Yanto Wangge, pelaku pariwisata Ende menilai pembangunan toilet di Desa Koanara Kecamatan Kelimutu, tak tepat sasaran.  (victorynews.id/son bara)
Yanto Wangge, pelaku pariwisata Ende menilai pembangunan toilet di Desa Koanara Kecamatan Kelimutu, tak tepat sasaran. (victorynews.id/son bara)

ENDE, VICTORY NEWS-Satu dari empat toilet yang dibangun Dinas Pariwisata Ende, berada di desa Koanara, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT dengan anggaran Rp500 juta.

Sayangnya pembangunan toilet di Koanara, Kecamatan Kelimutu untuk menunjang destinasi wisata alam Danau Kelimutu dinilai tidak tepat sasaran dan mubasir. Pembangunan toilet tersebut dipertanyakan pelaku pariwisata di Ende.

Salah satu pelaku usaha pariwisata di kecamatan Kelimutu, Yanto Wangge, melalui pesan singkat kepada victorinews.id, Kamis (3/06/2022) mempertanyakan pembangunan itu.

Baca Juga: Cerita Penggagas Lakoat Kujawas Dicky Senda dari New York, Tiba di New York Amerika Serikat (1)

Dalam pesan tersebut, Yanto Wangge, mempertanyakan fungsi dan kegunaan toilet di Sao Ria Wisata, Desa Koanara, kecamatan Kelimutu.

"Sebenarnya untuk siapa toilet itu dibangun?. Kalau untuk wisatawan yang berkunjung ke taman Nasional Kelimutu, tempatnya tidak cocok, karena sangat tersembunyi. Tetapi kalau untuk tamu yang menginap di Sao Ria Wisata, kami rasa tidaklah tepat, karena penginapan Sao Ria Wisata semua kamar dilengkapi toilet dan kamar mandi dalam," tulis Yanto Wangge.

Pekerjaan pembangunan toilet tersebut, lanjut pemilik Home Stay Daniel itu, terkesan hanya menghabiskan anggaran dan tanpa perencanaan yang baik.

Baca Juga: PAD Turun Terus, Banggar Minta Pemerintah lebih Serius Tingkatkan Pendapatan

Sama hal juga beberapa toilet yang dibangun dikawasan Pantai Kota Raja dan Taman Rendo, tidak berfungsi dengan baik.

"Saya melihat program pembangunan toilet baik di desa Koanara, Kecamatan Kelimutu dan di dalam Kota Ende, tanpa ada kajian dan perencanaan yang baik. Ini terkesan menghabiskan anggaran saja. Faktanya sangat jelas, toilet dibangun di lokasi yang tersembunyi dan di dalam penginapan sudah disediakan toilet dan kamar mandi dalam," ungkap dia.***

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X