Pemprov NTT Dukung Pembatasan Kuota Pengunjung TN Komodo

- Senin, 27 Juni 2022 | 14:27 WIB
Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi menyampaikan bahwa Pemprov NTT mendukung pembatasan kuota pengunjung di TN Komodo.  (Dok.Biro APIP NTT)
Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi menyampaikan bahwa Pemprov NTT mendukung pembatasan kuota pengunjung di TN Komodo. (Dok.Biro APIP NTT)

KUPANG, VICTORY NEWS-Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT mendukung pembatasan kuota pengunjung Taman Nasional (TN) Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Dukungan itu disampaikan Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi saat menghadiri konferensi pers bersama Kementerian LHK RI, Senin, (27/6/2022) siang.

Menurut Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi, Pemprov NTT mendukung pelaksanaan pembatasan pengunjung dengan sistem digitalisasi manajemen pengunjung dengan mengimplementasikan program Experimentalist Valuing Environment (EVE).

Baca Juga: Ketua DPD Partai Demokrat NTT Minta Anggota Taati Undang-Undang Parpol

Melalui program EVE, biaya yang dikeluarkan pengunjung tidak hanya diperuntukkan bagi biaya perjalanan dan biaya-biaya lainnya di Taman Nasional Komodo dan Labuan Bajo (Transportasi darat/bandara/pelabuhan), namun juga dapat berkontribusi dalam upaya konservasi/pelestarian komodo serta pemberdayan masyarakat di sekitar Taman Nasional Komodo.

“Yang paling penting adalah komodo kita harus lestarikan bersama semua habitat yang ada di Pulau Komodo di situ ada burung kaka tua, kelelawar dan sebagainya, hutan dan lingkungan lautnya juga kita harus lestarikan bersama semua yang ada di sana, kami serahkan kepada ahlinya, dari kesimpulan kajian yang ada itulah kita ambil untuk kita gunakan (sebagai kebijakan) yang secepat-cepatnya dan seadil-adilnya,” ujar Wakil Gubernur NTT.

Taman Nasional Komodo merupakan salah satu kawasan konservasi  yang termasuk dalam Destinasi  Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo bersama 4 DPSP lainnya yaitu Borobudur, Mandalika, Danau Toba dan Likupang.

Baca Juga: Target Menang Pemilu 2024, Bulan Depan DPD Partai Demokrat NTT Gelar Rakerda

Penetapan DPSP Labuan Bajo-Flores tidak terlepas dari keberadaan satwa komodo di Taman Nasional Komodo yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, khususnya manca negara.

Berdasarkan hasil kegiatan monitoring intensif pada populasi biawak komodo di TN komodo oleh para ranger Balai TN Komodo dan peneliti dari Yayasan Komodo Survival Program (KSP) trend dugaan populasi biawak komodo di TN Komodo selama 4 tahun terakhir dalam keadaan stabil dengan kecenderungan sedikit peningkatan.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X