Kadin NTT Sebut Kapal Tidak Terdaftar Dilarang Inapkan Wisatawan di Labuan Bajo

- Minggu, 24 Juli 2022 | 16:13 WIB
Presiden Jokowi berpose dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di atas Kapal Pinisi Menuju Pulau Rinca di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.  (Instagram @jokowi)
Presiden Jokowi berpose dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di atas Kapal Pinisi Menuju Pulau Rinca di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. (Instagram @jokowi)

KUPANG, VICTORYNEWS - Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Provinsi NTT menyebutkan, kapal yang belum terdaftar operasionalnya dilarang untuk menginapkan wisatawan pada malam hari di Labuan Bajo, Manggarai Barat

"Saya tegaskan itu untuk kapal yang belum terdaftar atau ilegal. Bukan melarang wisatawan untuk menginap di Labuan Bajo Manggarai Barat," tegas Ketua Kadin NTT Bobby Liyanto, Minggu (24/7/2022).

Bobby Lianto menegaskan, hal tersebut setelah berkoordinasi dengan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Arsjad Rasjid: UMKM Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19, Saya Salut Kolaborasi Bank NTT dan Kadin NTT

Ia menjelaskan, penegasan itu disampaikan Pemprov NTT kepada kapal - kapal yang belum terdaftar ke pemerintah.

"Jadi bukan melarang, lebih bagus lagi jika menginapkan wisatawan di kapal pada malam hari malah menjadi suatu sensasi yang bagus dan menarik di Labuan Bajo tetapi yang diinginkan pemerintah adalah kapal-kapal tersebut harus diatur dan terdaftar," jelasnya.

Bobby menambahkan, jika sudah terdaftar maka perlu diperhatikan tiga poin penting. 

Baca Juga: Presiden Ramos Horta Makan Malam Bersama Uskup Agung Kupang

Pertama akan memberikan jaminan keamanan bagi wisatawan.  Kedua, tertata dan terdata jelas dak ketiga setiap kapal wisata diharuskan untuk memakai produk UMKM asli NTT.

"Tiga poin ini yang perlu diperhatikan jika sudah terdaftar di Pemprov NTT," pungkasnya. ***

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X