Penunjukan PT Flobamor Kelola TNK dan Padar Mengacu Pada MoU dengan KLHK

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:43 WIB
Puncak Pulau Padar Kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Mabar, NTT.  (manggarai barat.victorynews.id/gerasimos satria)
Puncak Pulau Padar Kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Mabar, NTT. (manggarai barat.victorynews.id/gerasimos satria)

KUPANG, VICTORYNEWS-Penunjukan  PT Flobamor dalam pengelolaan Taman Nasional Komodo (TNK) dan Pulau Padar didasari  Memorandum of Understanding (MoU) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.


Pada akhir November 2021 lalu, dilakukan MoU antara Pemrov NTT dengan KLHK untuk mengelola TNK dan Pulau Padar.

"Ada salah satu pasal dalam MoU itu yang menyebut Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur dapat memberi kewenangan kepada BUMD untuk melakukan pengelolaan TNK dan Pulau Padar," Kata Sekertaris daerah (Sekda) Provinsi NTT, Domu Warandoy, saat membacakan sambutan Gubernur NTT, dalam Pertemuan Bakohumas IV Lingkup Pemprov NTT, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Babak Delapan Besar Turnamen Soeratin Cup 2022, PSN Ngada dan Persap Alor Bakal Saling Jegal, PSKK Siap Ladeni

Mengacu pada MoU tersebut, Pemprov NTT menetapkan PT Flobamor untuk mengelola TNK dan Pulau Padar. Karena memang selama ini TNK dan Pulau Padar hanya diurus oleh pemerintah pusat dan NTT hanya mendapat porsi PAD yang kecil.

"Ada MoU-nya. Pemprov NTT dapat memberikan kepada BUMD untuk mengelola," katanya.

Menurut dia, ada harapan positif ketika TNK dan Pulau Padar dikelola PT Flobamor. Termasuk untuk pelaksanaan konservasi demi melestarikan habitat Komodo.***

 

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPKP NTT Siap Kawal PT Flobamor Dalam Pengelolaan TNK

Kamis, 15 September 2022 | 17:40 WIB

HEBOH! Bule Ikut Panjat Pinang di Pantai Kuta Bali

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 13:52 WIB
X