Gubernur NTT Dorong Lemhanas Lakukan Kajian Untuk Mendukung Konservasi TNK

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 07:14 WIB
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (Baju Putih) menyerahkan cinderamata Kepada Gubernur Lemhanas, Andi Widjajanto, saat rapat bersama peserta studi lapangan isu strategis nasional di ruang rapat Gubernur NTT, Senin (22/8/2022).  (victorynews.id/stef kosat)
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (Baju Putih) menyerahkan cinderamata Kepada Gubernur Lemhanas, Andi Widjajanto, saat rapat bersama peserta studi lapangan isu strategis nasional di ruang rapat Gubernur NTT, Senin (22/8/2022). (victorynews.id/stef kosat)

KUPANG, VICTORYNEWS-Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) mendorong Lemhanas untuk melakukan kajian yang mendukung konservasi Taman Nasional Komodo (TNK) di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Sehingga dari kajian tersebut Lemhanas menghasilkan sebuah solusi yang bijak yang mendukung konservasi di TNK dan juga kemajuan pariwisata di NTT.

Sebab Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT saat ini menjadikan pariwisata sebagai Prime Mover pembangunan dengan menjadikan TNK sebagai salah satu destinasi unggulan.

Hal tersebut ditegaskan Gubernur NTT, VBL saat rapat bersama peserta Studi Lapangan Isu Strategis Nasional Lemhanas di Kupang, Senin (22/8/2022).

Baca Juga: Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022: Ini Daftar Pemain Indonesia yang Berlaga Hari Ini

Ia menjelaskan, Provinsi NTT memiliki Komodo sebagai kekayaan yang luar biasa. Namun habitatnya rusak akibat pencurian rantai pasok makanan untuk Komodo, seperti kambing dan pembakaran padang savana yang menggangu habitat Komodo.

Sayangnya, ketika Pemprov NTT hendak menyelamatkan Komodo melalui konservasi, terjadi penolakan dari banyak kalangan.

Sebelumnya, konservasi TNK tidak memberikan manfaat bagi Provinsi NTT, karena dikelola Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata.

"Dan pemasukannya tidak pernah diketahui karena tidak diatur secara baik", tegas Gubernur VBL.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022: Ribka/Fadia Menang, Ini Hasil Lengkap Laga Tim Indonesia

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wisata Unik, Maladewa Jadi Rumah Hiu Macan

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 17:29 WIB
X