Parade Budaya Meriahkan Open Tournament Pacuan Kuda di Sumba Barat

- Senin, 5 September 2022 | 19:57 WIB
Peserta Parade Budaya meriahkan Pembukaan Open Tournament Pacuan Kuda di Sumba Barat, NTT, Senin (5/8/2022).  (Protokol Setda Sumba Barat)
Peserta Parade Budaya meriahkan Pembukaan Open Tournament Pacuan Kuda di Sumba Barat, NTT, Senin (5/8/2022). (Protokol Setda Sumba Barat)

WAIKABUBAK, VICTORYNEWS-Bupati Sumba Barat Yohanis Dade membuka secara resmi Open Tournament Pacuan Kuda se-NTT memperebutkan Piala Bupati Sumba Barat Tahun 2022. Acara tersebut dimeriahkan dengan Parade Budaya Berkuda.

Parade Budaya Berkuda yang tampil pada acara pembukaan Open Tournament Pacuan Kuda di Sumba Barat kali ini berasal dari empat Kabupaten di Pulau Sumba dan beberapa Kabupaten lainnya di NTT.

Setiap kontingen menampilkan kekhasan budaya daerahnya masing-masing, baik keindahan tenun maupun tarian daerah di Lapangan Pada Eweta, Sumba Barat, yang menjadi lokasi Parade Budaya Berkuda dan Open Tournament Pacuan Kuda.

Baca Juga: Nilai Ekspor Komoditi NTT Melalui Pelabuhan Luar NTT Capai 1 Juta Dolar AS, Lebih Rendah dari Juni

Bupati Sumba Barat Yohanis Dade menyampaikan terima kasih dan menghargai kehadiran peserta maupun kontingen yang telah berpartisipasi.

"Selamat datang dan selamat bertanding dalam parade budaya berkuda dan Open Tournament Pacuan Kuda se-NTT Piala Bupati Sumba Barat Tahun 2022," ujar Bupati Yohanis, Senin (5/9/2022).

"Pacuan kuda bukanlah sekadar olahraga. Pacuan kuda merupakan warisan budaya yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumba Barat yang perlu kita jaga dan lestarikan sebagai warisan leluhur," tandasnya.

Baca Juga: Biaya Produksi Petani NTT Meningkat, Desa Masih Alami Inflasi, Ini Rinciannya!!

Di samping itu, kata Bupati Sumba Barat, pacuan kuda menjadi wahana untuk mempererat rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan di antara masyarakat pencinta kuda di Kabupaten Sumba Barat maupun kabupaten lainnya di Provinsi NTT

"Turnamen dapat meningkatkan animo masyarakat untuk memelihara ternak kuda yang merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan dan budaya orang Sumba," pungkas Bupati Yohanis.***

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wisata Unik, Maladewa Jadi Rumah Hiu Macan

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 17:29 WIB
X