Pasar Wae Nakeng Hangus Terbakar

berbagi di:
img-20210305-wa0002

Pasar Inpres Wae Nakeng Lembor yang terbakar. Foto: Gerasimos/VN

 

 

 

Gerasimos Satria

Pasar Inpres Wae Nakeng di Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur terbakar, Jumat (5/3) pukul 04.00 Wuta. Tidak ada korban jiwa namun kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Camat Lembor,Pius Batu kepada VN mengatakan ada 229 lapak dan kios hangus terbakar. 194 lapak darurat dan sisanya lapak/stand milik Koperasi Unit Desa Lembor Rejeleleng. Sebagian besat barang dagangan penghuni pasar ikut terbakar.

Ia mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Lembor sedang melakukan penyelidikan penyebab kebakaran itu.

“Saat ini seluruh pedagang dievakuasi ke rumah masing-masing karena rata-rata penghuni pasar memiliki rumah di luar Pasar Inpres Wae Nakeng,” kata Pius.

Pius menyampaikan pihaknya akan membangun Posko perlindungan sosial di Kantor Camat Lembor karena korban kebakaran adalah masuk dalam kelompok rentan. Posko perlindungan sosial nantinya sebagai tempat pemeriksaan kesehatan bagi korban kebakaran.

Ia mengatakan konsentrasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mabar adalah memberikan bantuan kepada korban kebakaran. Dinas Pekerjaan Umum akan membersihkan seluruh area kebakaran.

Kepala Dinas Sosial Mabar Agustinus Mangiradja menyampaikan pihaknya menyalur dua ton beras kepada korban kebakaran. Selain beras, pihaknya juga memberikan bantuan pakaian anak-anak, pakaian orang dewasa, kain sarung, kecap dan makanan siap saji.

Bantuan akan mulai disalurkan melalui Posko bantuan di Kantor Camat bagi korban terdampak kebakaran. Pakaian dan beras akan langsung dibagikan kepada korban kebakaran.

“Petugas Dinsol akan selalu berada di Posko perlindungan Sosial di Kantor Camat untuk memberikan bantuan,”kata Agus. (bev/ol)