Pegadaian Buka Tabungan Emas

berbagi di:
img-20200710-wa0016

 

 

 

 

Sinta Tapobali

Selain melayani jasa gadai, PT. Pegadaian juga membuka tabungan dalam bentuk emas. Pada awal menabung, penabung hanya dikenakan biaya Rp 50.000 untuk pembukaan rekening dan biaya ini sudah termasuk emas senilai 0.1 gram dan biaya administasi.

Hal ini disampaikan Kepala Departemen Non Gadai, Area Kupang Demsk Bedda kepada VN, Jumad (10/7) siang.

“Tabungan emas Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Tabungan emas Pegadaian yang memungkinkan nasabah melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman dan terpercaya,” jelasnya.

Menurut Demsi, minimum setiap kali menabung, nasabah dapat menyetor sebesar Rp 6000 atau sekitar 0.01 gram. Tabungan-tabungan ini nantinya bisa diambil dalam bentuk uang setelah tabungan sudah mencapai 1 gram emas.

Namun, jika nasabah ingin mencetak emas dalam bentuk batangan maka nasabah harus datang ke kantor cabang tempat pembukaan rekening dengan membawa identitas diri dan buku tabungan dan syaratnya minimal tabungan sudah mencapai 5 gram.

Hingga saat ini sudah ada sekitar 73 ribu lebih nasabah, dengan total tabungan emas mencapai 38 kilogram.

Semua transaksi dapat dilakukan secara online via aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) baik untuk top up tabungan emas, cek saldo tabungan emas di buku tabungan dan lainnya.

“Saat jangka waktu titipan emas sudah berakhir dan pemilik rekening tidak melakukan perpanjangan, maka Pegadaian melakukan perpanjangan dengan cara membeli kembali proses tersebut sebesar biaya fasilitas titipan yang terutang pada Pegadaian,” jelasnya lagi.

Untuk membuka rekening tabungan emas Pegadaian, peminat bisa datang ke outlet Pegadaian atau agen Pegadaian. Bisa juga dilakukan secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital Service. Saat pembukaan rekening tabungan para nasabahnya diminta untuk membawa tanda pengenal diri berupa KTP.

Setelah mengisi formulir nasabah hanya perlu membayar biaya administrasi dan bisa melakukan pembelian tabungan emas pegadaian. (bev/ol)