Pelantikan Pimpinan DPRD Definitif Tunggu Keputusan NasDem

berbagi di:
Ali Oemar Fadaq

Ali Oemar Fadaq

 

 

 

Jumal Hauteas
Jadwal pelantikan pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur dilakukan karena masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Partai Nasional Demokrat (NasDem). P

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq kepada VN, Jumat (27/9) pelantikan mungkin akan dilakukan pertengahan pekan depan.

“Kemungkinan SK untuk wakil ketua dari Partai NasDem sudah ada di DPD Partai NasDem Sumba Timur, hanya belum masuk ke pimpinan sementara, sehingga kami belum bisa menjadwalkan pelantikan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Sumba Timur,” jelasnya.

Jika SK dari Partai NasDem diterima pimpinan sementara DPRD Kabupaten Sumba Timur Senin (30/9), maka pimpinan sementara akan segera menetapkan jadwal untuk pelantikan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Sumba Timur satu atau dua hari setelah SK dari Partai NasDem diterima.

“Segera setelah pelantikan pimpinan definitif, kita akan langsung rapat Banmus untuk menjadwalkan masa sidang III, karena pelantikan pimpinan definitif akan kita lakukan di Oktober, dan waktu untuk pembahasan dan penetapan APBD tahun 2020 sudah semakin singkat, karena paling lambat 30 November sudah harus ada persetujuan DPRD terhadap RAPBD Kabupaten Sumba Timur tahun 2020,” tandasnya.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Alexander Take Ofong yang dikonfirmasi VN melalui pesan WhatsApp, Jumat (27/9) malam menjelaskan usulan tiga nama bakal calon wakil ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur sudah diusulkan DPD Partai NasDem Sumba Timur melalui DPW Partai NasDem NTT dan surat pengusulan tersebut sudah sampai di kantor DPP Partai NasDem, sehingga tinggal menunggu SK penetapannya.

“Surat usulannya sudah di DPP, dan kita tinggal tunggu keputusannya. Karena tersisa Sumba Timur yang belum, sedangkan lainnya baik di tingkat provinsi dan kabupaten lain di NTT sudah keluar SK nya,” jelas Wakil Ketua DPRD Provinsi NTT periode 2014-2019 Ini.
Sebelumnya Ketua DPD Partai NasDem Sumba Timur, Yonathan Hani kepada VN menjelaskan pihaknya sudah mengusulkan tiga nama anggota DPRD Kabupaten Sumba Timur terpilih untuk ditetapkan satu menjadi wakil ketua, karena Partai NasDem menempati posisi ketiga perolehan suara terbanyak dalam Pemilu Legislatif 2019 lalu.

“Kami sudah mengusulkan tiga nama untuk ditetapkan satu menjadi wakil ketua DPRD, yakni Umbu Jevon, Umbu Yanto Diki Dongga, dan Yonathan Hani. Ketiganya akan berproses mengikuti mekanisme partai sebelum ditetapkan oleh DPP, dan itu akan dilaksanakan sebelum pelantikan anggota DPRD Kabupaten Sumba Timur periode 2019-2024 dilaksanakan,” urainya. Namun sampai saat ini, SK untuk wakil ketua dari Partai NasDem belum juga diterima.(mg-02)