Pelayanan Posyandu di Kota Kupang Masih Terpusat di Puskesmas

berbagi di:
img_20200629_215919

Pelayanan Posyandu Bunga Bakung Kota Kupang sebelum pandemi Covid-19.

 

 

 

Yapi Manuleus

Kegiatan Posyandu di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur hingga kini belum diaktifkan kembali meski Kota Kupang telah memasuki masa new normal di tengah pandemi Covid-19.

Pelayanan kesehatan khususnya bagi ibu dan anak masih dipusatkan di Puskesmas.

Kepala Puskesmas Naioni Ferry DJ kepada VN, Senin (29/6) mengaku hingga kini di Puskesmas Naioni belum menerapkan Posyandu di luar Puskesmas.

“Posyandu di luar belum ada, karena nanti kerumunan banyak orang kan kita langgar aturan nanti. Tapi kalau imunisasi kita buka di Puskesmas,” kata Ferry.

Senada, Kepala Puskesmas Oebobo dr. Sarce Nubatonis mengaku pelayanan Posyandu dinonaktifkan sejak pandemi Covid-19 mulai mengkhawatirkan.

Kepala Puskesmas Kupang Kota dr. Trio mengatakan ia akam segera berkonsultasi dengan Dinas Kesehatan Kota Kupang untuk segera berusaha mengatur jadwal agar tidak mengalami penumpukan massa yang banyak ketika Posyandu dijalankan.

“Kita konsisten untuk pelayanan tapi dengan atur jaraknya, kemungkinan bulan depan ini sudah dilakukan. Sekarang kita di Puskesmas juga yang namanya imunisasi kita tetap layani dari pintu samping jadi mereka tetap dapat pelayanan yang bagus,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang Retnowaty belum bisa dikonfirmasi terkait hal tersebut. (bev/ol)