Pembantu Rumah Tangga Ditemukan Tewas di Kamar

berbagi di:
ilustrasi jenazah

 
Rafael L. Pura

Seorang mayat perempuan paruh baya ditemukan meninggal dunia di dalam kamar, Sabtu, (23/3), sekitar pukul 05.00 subuh, di kompleks Perumnas, Kelurahan Oebobo, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Jenazah Oktaviana Taopan (45) merupakan seorang pembantu rumah tangga yang bekerja dan tinggal untuk keluarga Andi Lukman (52).

Mayat Oktaviana ditemukan pertama kali oleh istri Andi Lukman, Haja Rodiana (44).

Kapolsek Kelapa Lima, AKP Didik Kurnianto, saat dikonfirmasi sabtu (23/3) mengatakan Oktaviana baru bekerja sebagai pembantu sekitar tiga minggu.

Didik mengungkapkan, sekitar pukul 05.00 subuh, Andi Lukman dan istrinya Rodiana pulang dari mesjid Tiba di rumah, Rodian hendak ke kamar untuk menyetrika. Kamar itu juga yang menjadi kamar tidurnya Oktaviana.
Di dalam kamar, Haja melihat korban sudah tidak bernyawa. Ia kemudian menghubungi ketua RT setempat dan pihak RT segera menyampaikan informasi ini kepada Polisi.

Atas informasi itu, tim kepolisian yang dipimpin langusng Kapolsek Kelapa Lima, AKP Didik Kurnianto, turun ke lokasi dan melakukan identifikasi dan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Mayat Oktaviana dibawa ke rumah sakit umum daerah (RSUD) untuk dilakukan visum luar.

Hasil visum menunjukan tidak ada tanda-tanda kekerasan. Setelah dilakukan pemeriksaan, korban mempunyai riwayat sakit mag. Korban teridentifikasi, merupakan warga Manefu, Taebenu Kupang.

“Korban ini berhasil teridentifikasi menggunakan inafis Polres Kupang Kota. Tidak ada tanda -tanda kekerasan dalam visum luar. Dan keluarga menolak dilakukan otopsi,” ujarnya.

Sementara, Andi Lukman, saat ditemui VN sabtu, (23/3) di Mapolsek Kelapa Lima menuturkan, selama tiga minggu bekerja, korban terlihat sehat. Ia tidak pernah mengeluh sakit.

Andi, yang juga pekerja swasta itu menuturkan, komunikasi dirinya terakhir dengan korban, sekitar pukul 00.00 malam. Saat itu, korban pamit untuk istrirahat.

Sementara Rodiana mengatakan, saat masuk ke kamar, ia melihat korban tengah tertidur. Ia kemudian mau membangunkannya.

“Saya mau kasih bangun, namun tidak bangun-bangun. Akhirnya saya bersama suami menghubungi Ketua RT dan menelpon polisi, dan polisi datang dan membawah jenasahnya ke rumah sakit,” sebutnya. (bev/ol).