Pemkab Kupang Bangun 1.500 tangga menuju puncak Fatuleu

berbagi di:
Gunung Fatuleu terdiri dari bongkahan batu hitam (indonesiakaya)

Gunung Fatuleu terdiri dari bongkahan batu hitam. Foto: indonesiakaya

 

 

Pemerintah Kabupaten Kupang membangun 1.500 anak tangga untuk memudahkan pengunjung mencapai puncak Gunung Fatuleu dan menyaksikan pemandangan Pulau Timor dari ketinggian gunung.

“Kita sedang merampungkan pembangunan 1.500 anak tangga di pegunungan Fatuleu,” kata Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Daerah, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kabupaten Kupang Ambrosius Kopong di Oelamasi, Senin.

“Proses pembangunan anak tangga masih terus dilakukan. Saat ini anak tangga yang telah rampung dikerjakan sekitar 1000 anak tangga,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Kupang, menurut dia, mendapat alokasi dana Rp1 miliar dari pemerintah pusat untuk menata obyek wisata pegunungan Fatuleu, yang tingginya 875 meter di atas permukaan laut dan memiliki gugusan batu karang raksasa pada puncaknya.

Selain membangun tangga, pemerintah Kabupaten Kupang membangun beberapa fasilitas pendukung seperti lopo (rumah serbaguna), lapak pedagang kuliner serta lahan parkir dan MCK di kawasan pegunungan.

Ia menjelaskan pemerintah melakukan penataan karena kunjungan wisatawan ke daerah wisata itu terus meningkat.

“Dalam catatan kita wisatawan yang berkunjung ke Gunung Fatuleu mencapai 1.000 orang wisatawan/bulan. Bahkan ada wisatawan mancanegara bermalam di atas puncak gunung Fatuleu untuk menikamti panorama alam pulau Timor dari atas pegunungan Fatuleu,” ia menuturkan.

 

 

 

Sumber: Antara