Pemkab Mabar Dapat Bantuan Helikopter

berbagi di:
fb_img_1581247349292

Helikopter bantuan BNPB

Gerasimos Satria
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mabar, Nusa Tenggara Timur mendapat bantuan helikopter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Helikopter digunakan untuk membantu jika ada bencana alam di wilayah Mabar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mabar Dominikus Hawan,Senin (10/2) menjelaskan saat Jokowi berkunjunga ke Labuan Bajo beberapa waktu lalu, Jokowi mengarahkan agar pihaknya menyiapkan satu organisasi yang terdiri dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menjamin keamanan wisatawan.

“Labuan Bajo harus distandbykan satu helikopter dan peralatan lainnya, artinya security dan safety menjadi bagian dari yang kita siapkan bukan hanya infrastruktur saja,” ujar Domi.

Menurutnya, atas arahan tersebut, BNPB langsung merealisasikan helikopter untuk mendukung Mabar terutama setelah ditetapkan sebagai destinasi wisata premium.

Domi mengatakan, Bupati Mabar bisa menggunakan helikopter untuk mengawasi lokasi bencana yang sering sulit terjangkau karena topografi serta memantau pergerakkan wisatawan bahari yang saat ini berisiko karena gelombang cukup dinamis dan fluktuaktif.

Labuan Bajo, kata dia, sebagai daerah destinasi wisata premium dalam peta bencana termasuk warna kuning. Sehingga sangat berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan mancanegara, karena asuransi  tidak mengcover tur ke daerah dengan tanda kuning.

“Untuk itu sebagai wujud negara hadir guna menjamin kenyamanan dan kemanan warga dan wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo. BNPB RI menyiapkan Helikopter untuk selalu siaga bilamana terjadi bencana utk menolong korban terdampak,” kata Domi.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Dula memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kepala BNPB Letjend Doni Monardo atas bantuan bagi masyarakat Mabar.

“Dengan adanya Helikopter ini masyarakat Manggarai Barat bisa dilayani dan terbantu disaat bencana dan juga akan optimalkan pelayanan bagi para wisatawan serta menjamin adanya kenyamanan dan keamanan saat berkunjung ke Labuan Bajo sebagai bukti negara hadir dengan segala potensi sumber dayanya yg disiapkan, wisatawan berkunjung ke Labuan Bajo di waktu yang akan datang,” harap Gusti. (bev/ol)