Pemkot Siap Lokasi Pemakaman Khusus Korban Covid-19

berbagi di:
img-20200516-wa0031

Satu eksavator sedang menggali lubang makam di TPU Damai Fatukoa. Foto: Yapi/VN

 

 

 

Yapi Manuleus

Pemkot Kupang, Nusa Tenggara Timur menyiapkan lokasi pemakaman jika ada pasien positif Covid-19 meninggal dunia.

Hingga, Sabtu (16/5), sudah ada 18 lubang makam yang disiapkan Pemkot Kupang di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Fatukuoa.

Pemkot menyediakan satu alat berat sejak Jumat (15/5) untuk mempercepat penggalian lubang.

“Ini sudah ada 18 lubang yang jadi, tadi saya kontrol di sana,” kata ketua koordinator penggalian makam TPU Damai Fatukoa Anton Saijo, Sabtu (16/5).

Menurutnya, lubang makam yang akan disiapkan untuk sementara sebanyak 20 lubang.

Ia menambahkan Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore sempat datang pada Jumat malam lalu saat alat berat diturunkan sekaligus memantau lokasi.

Pantauan VN, lokasi makam merupakan kapling baru yang berjarak agak jauh dengan kompleks dua makam umum yang digunakan selama ini.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kupang Ernest Ludji saat dikonfirmasi VN membenarkan hal tersebut.

Ia mengaku persiapan lubang makam tersebuy untuk menjaga kemungkinan adanya tambahan pasien Covid-19 di Kota Kupang yang meninggal dunia.

“Nanti kita akan siapkan 20 sampai 50 makam,” katanya.

Ernest mengatakan persiapan itu bukan untuk menakuti masyarakat Kota Kupang, namun sesuai dengan protap Covid-19, setiap daerah diharuskan melakukan berbagai persiapan.

“Ini bukan kita mau sumpahi warga, tapi ini kita lakukan sesuai protap Covid-19. Karena kalau pasien Covid-19 itu kalau meninggal tidal boleh lewat dari 4 jam sudah harus dikuburkan,” tambahnya. (bev/ol)