Pemprov NTT Terapkan E-Ticketing Destinasi Wisata

berbagi di:
img-20200317-wa0020

 

 

 

 

Sinta Tapobali

Dinas Pariwisata Provinsi NTT melakukan terobosan baru dengan menerapkan sistem digital e-ticketing destinasi.

Sistem ini launching, Senin, (16/3) di Desa Waiura, Kecamatan Wanukaka Kabupaten Sumba Barat oleh Dirjen Daerah Tertinggal, Samsul Widodo di dampingi  Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Wayan Darmawan, Bupati Sumba Barat, bertepatan dengan pembukaan festival Pasola.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Wayan Darmawa kepada VN, Selasa (17/03) mengatakan penerapan digital e-ticketing telah diterapkan di tiga desa destinasi yakni Desa Wei Hura dan Desa Baliloku, Kecamatan Wanukaka di Sumba Barat dan Desa Umbu Mamijuk Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, Kabupaten Sumba Tengah.

Penerapan e-ticketing ini perdana digunakan dalam festival Pasola sesuai arahan dan petunjuk Gubernur NTT.

Penerapan sistem ini berlaku bagi para wisatawan yang datang berkunjung di tiga desa destinasi ini.

Namun, ke depan pemerintah provinsi dan kabupaten serta Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal akan mengembangkan sistem ini ke semua daerah wisata di Kabupaten se-NTT sebagai bentuk terobosan baru Pemerintah NTT.

“Pesan secara digital nanti akan terdata di loket masuk di tempat wisata. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung tinggal memesan karcis lewat aplikasi bisa lewat OVO.¬† Jadi tempat wisata ini sudah terkoneksi ke aplikasi jadi tinggal buka dan daftar dan bukan untuk karcis saja tapi juga bisa memesan tempat di restoran yang ada di tempat wisata tersebut. Setelah di tempat wisata, wisatawan tinggal menyebut nama dan namanya otomatis akan keluar di data online,” jelasnya.

Sistem ini bisa meminimalisasi kebocoran penerimaan retribusi serta sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas layanan di sektor kepariwisataan.

Ia berharap penerapan tiket elektronik ini dan bisa diterapkan di seluruh kawasan wisata di NTT. (bev/ol)