Pempus Potong DAU TTS Lebih dari Rp 218 Miliar

berbagi di:
img-20210224-wa0003

 

 

 

Megi Fobia

Pemeerintah Pusat memotong Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten TTS senilai Rp 218 miliar lebih. Dari besaran pemotongan tersebut Rp 58 miliar dikembalikan untuk penanaganan Covid-19 sedangkan yang dikembalikan ke negara sebesar Rp 160 miliar lebih.

“Angka pastinya saya tidak tahu nanti tanya saja ke Pak Sekda, tetapi yang dipotong itu Rp 218 miliar lebih,” kata Bupati TTS Egusem Pieter Tahun kepada VN sambil berjalan menuju mobilnya untuk ke desa, Selasa (23/2).

Menurutnya, ada Surat Edaran (SE) soal pemotongan dana tersebut, sehingga menurutnya sudah dirasionalisasi akibat pemotongan anggaran sebesar Rp 218 miliar lebih.

Berdasarkan SE tersebut, Bupati Epy menjelaskan jika tidak dilakukan penyesuaian maka Pempus langsung melakukan pemotongan. Oleh karena itu, Pemda TTS melakukan penyesuaian sesuai dengan surat yang diterima.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten TTS, Marthen Selan yang hendak diwawancarai VN meminta agar mewawancarai Bupati TTS sebab sudah melaporkan terkait pemotongan dana tersebut.

“Nanti langsung saja kepada Bupati karena sudah laporkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PKAD) TTS, Esterina Banfatin yang hendak dikonfirmasi terkait pemotongan DAU Kabupaten TTS mengaku sedang sibuk.

“Ibu Kaban bilang masih sibuk dengan data,” kata salah seorang security di kantornya. (bev/ol)