Pencapain SP Manual 2020 masih Menunggu Proses Validasi Ditjen Dukcapil

berbagi di:
img-20210116-wa0052

 

Darwis Sitorus
Kepala BPS NTT

 

 
Sinta Tapobali

 
SENSUS Penduduk (SP) Manual yang telah selesai dilaksanakan pada tahun 2020 di seluruh Indonesia dan NTT, hingga saat ini masih dalam proses validasi di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Hal ini disampaikan Kepala BPS NTT, Darwis Sitorus pada Sabtu, (16/01) sore.

Menurut Darwis, semua proses yang berkaitan dengan sensus penduduk manual mulai dari pendataan, pengolahan hingga peng-inputan by sistem telah selesai dilaksanakan.

Namun menurutnya untuk hasil masih divalidasi bersama Ditjen Dukcapil Kemendagri karena database pengumpulan data berdasarkan database dukcapil.

“Semua proses sudah selesai. Untuk hasil masih divalidasi bersama Kemendagri Dirjen Dukcapil, karena database pengumpulan data berdasarkan database Dukcapil,” jelas Darwis.

Kemungkinan untuk hasil dari validasi ini akan disampaikan minggu depan mulai dari tingkat nasional hingga ke provinsi dan kota maupun kabupaten.

“Kemungkinan minggu depan akan rilis hasil SP 2020,” tambahnya.

Sedangkan Kepala BPS Kota Kupang, Ramly Kurniawan juga mengatakan bahwa saat ini BPS kota Kupang juga masih menunggu hasil final dari BPS RI. Hasil final nantinya akan dirilis secara nasional yang dilanjutkan ke tingkat provinsi dan juga Kota Kupang.

“Kita masih menunggu dari BPS RI untuk hasil finalnya. Nanti secara nasional datanya akan dirilis, baru provinsi dan kabupaten/kota mengikutinya, kemungkinan akhir Januari,” paparnya.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa dalam proses sensus penduduk manual di tengah pandemi Covid-19 memang terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh para petugas namun semuanya dapat diselesaikan dengan baik.

Penyisiran ulang yang dilakukan untuk mendata keluarga yang belum terdata pada saat kunjungan awal juga telah dilaksanakan dengan baik dan seluruh masyarakat kota Kupang dipastikan sudah terdata dengan baik. (Yan/ol)