Pengawasan Orang dan Penyemprotan Disinfektan Terus Dilakukan

berbagi di:
img-20200327-wa0036

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu beserta Wakil Bupati Stefanus M Saek dan Forkopimda melakukan pemantauan sekaligus melakukan penyemprotan disinfektan di areal Pelabuhan Ba’a, Jumat (27/3) pagi. Foto: Frangky/VN

 

 

 

Frangky Johannis

Dalam rangka menekan dan meminimalisasi penyebaran virus corona (Covid-19), Pemeritah Kabupaten (Pemkab), Forkopimda, dan Gugus Tugas Covid-19 Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur secara rutin melakukan pemantauan terhadap masuk-keluarnya orang dan juga bekerja sama dengan Komunitas Ita Esa terus melakukan penyemprotan disinfektan di pintu masuk-keluar, ruang publik, dan sejumlah titik.

Pantauan VN, Jumat (27/3), Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, Wakil Bupati Stefanus M Saek, Kapolres Rote Ndao AKBP Bambang Harry Wibowo, Dandim 1627/Rote Ndao Letkol (Kav) Andriyan Wahyu Dwi Atmoko , Danlanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Akhmad Alif Saifuddin, Kajari Rote Ndao Indra Widayanto, Sekda Jonas M Selly, dan Gugus Tugas Covid-19 melakukan pemantauan di Pelabuhan Ba’a, sekaligus melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi tersebut.

Kapolres AKBP Bambang Harry Wibowo (BHW) kepada wartawan menjelaskan, Pemkab bersama Forkopimda melakukan pemantauan langsung terhadap para penumpang yang baru tiba di Pelabuhan Ba’a sekaligus melakukan penyemprotan disinfektan sebagai langkah antisipasi memutus mata rantai penyebaran virus corona ke Rote Ndao.

Dikatakan Kapolres BHW, hal tersebut dilakukan setiap hari di lokasi-lokasi yang sudah dijadwalkan dengan melibatkan jajaran Pemkab, TNI/Polri, Gugus Tugas Covid-19, Dinas Kesehatan, unsur instansi terkait, dan dibantu Komunitas Ita Esa.

“Ini bukti bahwa Pemkab dan Forkopimda serius dalam melaksanakan upaya antisipasi terhadap penyebaran virus corona. Yang kita lakukan ini tentunya untuk kepentingan orang banyak, di mana tujuan akhir yang hendak dicapai adalah agar virus corona tidak menyebar di Kabupaten Rote Ndao,” katanya.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu mengatakan, Pemkab, Forkopimda, dan Gugus Tugas Covid-19 terus berupaya sekuat tenaga untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di wilayah itu.

Menurutnya, Pemkab telah mengalokasikan dana sebesar Rp 7,5 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020 untuk menanggulangi potensi persebaran dan penanganan virus corona (Covid-19). Namun, keberhasilan penanganan Covid-19 ini tentunya bukan saja menjadi tanggung jawab Pemkab, Forkopimda, dan Gugus Tugas Covid-19 Rote Ndao saja, tetapi butuh partisipasi seluruh komponen, serta yang terpenting adalah kesadaran masyarakat sendiri untuk mencegah secara mandiri di rumah dan lingkungan masing-masing.

“Kami berharap masyarakat mengikuti anjuran pemerintah dalam rangka mencegah dan meminimalisasi penularan virus tersebut, serta secara mandiri turut membantu pemerintah dengan jalan tidak perlu keluar rumah jika tidak ada urusan mendesak dan tetap melakukan pola hidup bersih dan sehat,” ujar Bupati Paulina. (bev/ol)