Pengelola Pulau Komodo Ditenderkan

berbagi di:
Menko Maritim Luhut Pandjaitan

 

Upaya Pemerintah Provinsi NTT untuk mengembangkan Pulau Komodo sebagai wisata premium dan eksklusif tampaknya mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Pusat. Pulau Komodo yang ditargetkan akan menjadi wisata terbatas dengan tarif yang tinggi untuk kepentingan konservasi, mulai dijajaki pengelolaan secara profesional pula.

“Kita akan tenderkan. Semua yang peduli lingkungan kita akan ditawarkan. Perusahaan A atau dari filontropis B. Misalnya beli tiketnya 1000 dolar (per tiket) kita siapkan 50.000, idenya Pak Gubernur (NTT) itu 50 juta dolar AS sudah bisa pemeliharaan Pulau Komodo jadi world heritage,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritimin Luhut Binsar Panjaitan di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Luhut mengatakan pemerintah sudah melakukan pendekatan dengan beberapa operator yang biasa mengelola secara profesional. “Sudah kita approach. Mana nanti yang akan kita pakai, yang punya pengalaman mengelola Afrika,” katanya.

Menurutnya, salah satu kandidat berasal dari Amerika Serikat (AS). “Sudah bicara ke saya di Washington. Saya belum tahu persis waktu itu tapi setelah mendapat briefing di sini, saya tahu, saya mau kontak mereka hari ini atau besok,” katanya.

Pengelolaan Pulau Komodo secara profesional sangat penting tak hanya berdampak positif bagi Pemda tapi juga bagi perlindungan bagi Pulau Komodo. Lingkungan Pulau Komodo yang rusak dikhawatirkan tak hanya mengancam populasi komodo tapi juga perkembangan fisik komodo yang potensinya bisa lebih panjang.

“Orang-orang yang mau datang mau lihat sesuatu yang luar biasa dia harus mau bayar mahal. Untuk memelihara lingkungan. Sekarang panjang komodo 3 meter lebih. Kita gak mau berkurang,” katanya.

 

 
Hanya Rp2,5 Juta
Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) NTT Abed Frans mengatakan penjualan paket wisata Pulau Komodo di Taman Nasional Komodo kembali dibuka. “Paket wisata khususnya yang ada destinasi Pulau Komodo sudah kembali dijual,” katanya.

Ia mengatakan wisatawan masih terus berdatangan ke Taman Nasional Komodo karena tujuan mereka tidak hanya ke Pulau Komodo, melainkan destinasi lain di sekitarnya seperti Pulau Rinca, Pulau Padar, Pantai Pink, dan lainnya. “Wisatawan yang datang ingin melihat komodo juga bisa melihatnya di Pulau Rinca, meskipun memang jumlahnya tak sebanyak di Pulau Komodo,” katanya.

Sementara itu, salah satu operator wisata seperti dirilis https://jelajahnesia.com/open-trip-komodo/ menjual paket tour ke Pulau
Komodo dengan harga yang relatif murah, yaitu Rp 2,5 juta saja.

Dalam lama itu dituliskan, kini telah hadir paket sailing Komodo yang akan membuat liburan menjadi lebih berkesan. Pengunjung bakalan diajak untuk menikmati alam Pulau Komodo yang sangat menakjubkan. Untuk perjalanan akan dimulai dari Labuan Bajo dan tidak akan menguras isi kantong.

Dengan Jelajahnesia Tour, pengunjung memanfaatkan liburan ke Pulau Komodo, dengan penawaran menarik berupa open trip Komodo yang sangat terjangkau. Paket Sailing Komodo seharga Rp2.500.000 dengan fasilitas premium yang akan memberikan anda kesan yang tidak akan terlupakan. Harga tersebut berlaku untuk turis lokal.

Sejumlah tempat yang bakal dikunjungi dalam Open Trip Pulau Komodo 2019 adalah menunjung spot spot yang sangat terkenal di wisata pulau komodo. Antara lain, Pulau Kanawa, Manta point, Gili Lawa Darat, Taka Makassar, Pink Beach, Namong Beach, Taman Nasional Komodo, Pulau Kalong, Pulau Padar, dan Pulau Kelor.

Ada pula https://wisatakomodotours.com/paket/paket-komodo-tour-murah/ yang menawarkan paket 5 Hari 4 Malam menelusuri komodo dan labuan bajo. Pengujung akan diajak menyusuri habitat liar komodo, snorkling bersama manta ray, melihat pantai berpasir pink, menyaksikan sunset dramatis hingga berenang di air terjun cunca wulang.

Tiba di bandara komodo anda akan kami jemput dan kemudian di drop ke port (pelabuhan) untuk melanjutkan perjalanan dengan berlayar menuju Pulau Rinca. Trekking sambil melihat dari dekat satwa langka Komodo menjadi aktifitas anda di Pulau Rinca. Perjalanan dilanjutkan menuju Pulau Kambing, anda dipersilahkan untuk berenang dan snorkling. Sore harinya kita akan menuju Pulau Kalong untuk melihat ribuan kalong(Kelelawar) terbang diatas langit. Bermalam di sekitar pulau.

Pulau Komodo menjadi destinasi awal yang akan dikunjungi di pagi hari. Melihat kehidupan liar komodo langsung. Lalu menuju Pink Beach sembari snorkling. Manta Point menjadi tujuan selanjutnya, dan bermalam di atas boat. Sayangnya, tidak disebutkan berapa harga peket tersebut. (mi/*/paa/S-1)