Penghuni Lapas Kelas II A Kupang Belum Bisa Menerima Kunjungan

berbagi di:
img_20200627_181714

 

 

 

 

Yapi Manuleus

Penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kupang hingga saat ini belum bisa menerima kunjungan keluarga demi mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan Lapas tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Lapas Kelas IIA Kupang Badarudin kepada VN Sabtu (27/6).

Ia mengaku hingga saat ini masih menunggu intruksi dari Pusat mengena pemberlakuan kembali kunjungan di lingkungan lapas.

“Ini sudah new normal tapi kita belum bisa buka karena kita melakukan suatu kegiatan itu harus tunggu petunjuk dari pusat dulu,” katanya.

Sementara untuk ibadah dalam lapas pun hanya dibolehkan untuk pendeta dan pastor.

“Ibadat itu boleh pendeta dengan pastor, tapi keluarganya belum bisa ikut ibadah dalam lapas,” jelasnya.

Ia mengatakan dalam waktu dekat ini mengenai titipan makanan untuk napi sudah bisa diberlakukan namun pihaknya masih mempersiapkan SOP-nya.

Mengenai penerimaan tahanan dalam lapas tersebut pun ia mengaku sudah kembali diberlakukan dengan pemeriksaan rapid test terlebih dahulu.

Hal serupa juga berlaku di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kupang. Hingga saat ini, penghuni Rutan belum menerima kunjungan keluarga demi mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kepala Rutan Kelas IIB Kupang Yohanis Varianto kepada VN, Jumat (26/6).

Ia mengaku hingga saat ini pihaknya masih menunggu instruksi dari pusat mengenai pemberlakuan kembali kunjungan di lingkungan Rutan.

“Sementara ini kita masih menunggu perintah dari pusat. Sekarang kita masih memberlakukan kunjungan via pnline. Untuk saat ini juga yang kita bisa terima hanya tahanan dari luar yaitu dari kepolisian maupun kejaksaan. Kalau keluarga belum bisa,” katanya.

Sementara terkait ibadah yang biasanya dilakukan di dalam rutan tetap dilaksanakan namun hanya untuk pemimpin ibadah baik pastor atau pendeta. Keluarga atau umat dari luar rutan atau yang tinggal di sekitar rutan belum bisa bergabung untuk ibadah atau misa bersama. (bev/ol)