Pengprov Pabsi NTT Siap Dilantik

berbagi di:
img-20210301-wa0043

 

Welly Rame Rohimone
Ketua Pengprov PABSI NTT

 

 

 

Paskal Seran

 

 
PENGURUS Provinsi (Pengprov) Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Nusa Tenggara Timur (NTT) akan dilantik secara resmi pada Kamis (4/3) di New Sasando Internasional Hotel. Para pengurus yang dinahkodai Welly Rame Rohimone sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari PABSI Pusat.
Ketua Pengprov PABSI NTT Welly Rame Rohimone yang dihubungi VN, Senin (1/3), mengungkapkan susunan Pengrov PABSI Sudah ada dan sudah ada SK dari PABSI Pusat. “Kita sudah siap semua untuk dilantik nanti tanggal 4 Maret,” kata dia.
Menurutnya, yang akan mengukuhkan kepengurusan yang dipimpinnya adalah Ketua Komite Nasional Indonesia (KONI). “Yang akan mewakili pengurus PABSI Pusat untuk mengukuhkan kita adalah Ketua KONI, Bapak Andre Koreh. Kita sudah koordinasikan dengan pihak KONI,” jelasnya.
Setelah pelantikan, kata dia, pihaknya akan merekrut para atlet Bina Raga dan fokus pada pelatihannya. “Kegiatan pertama yang akan ita lakukan setelah pelantikan adalah merekrut para atlet dan fokus pada pelatihan para atlet,” ujarnya sembari meminta agar penjelasan lebih lanjut akan dibahas pada saat pelantikan nanti.
Dia menambahkan, PABSI sudah terpisah dari angkat besi. “Kita sudah pisah. Dahulunya PABBSI yang bergabung bersama angkat besi, tetapi sekarang sudah pisah. Kita yang Bina Raga sudah pisah dengan Angkat Besi,” tegasnya.
Sekretaris KONI NTT Edu Seti yang dikonfirmasi terpisah, mengungkapkan para pengurus PABSI sudah berkoordinasi dengan KONI NTT untuk pelantikan dimaksud. “Kita sudah saling koordinasi. Nanti pelantikannya pada tanggal 4 Maret di Hotel Sasando,” ungkapnya.
Sebagai Informasi, Olahraga binaraga sudah tidak lagi tergabung dalam organisasi Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Berat, Binaraga Seluruh Indonesia (PB PABSSI). Kini, binaraga Indonesia memiliki organisasi resmi sendiri yang diberi nama Perkumpulan Binaraga dan Fitnes Seluruh Indonesia (PBFI). Alasan pemisahan disiplin binaraga dari PB PABSSI dikarenakan mengacu kepada aturan federasi internasional.
PBFI pun telah memilih Irwan Alwi sebagai presiden organisasi yang pertama. “Kami sudah bernaung di PABSSI sejak lama, kawan-kawan di daerah bilang tidak usah berpisah, tetap di PABBSI,” kata Irwan Alwi beberapa waktu lalu.
“Namun, federasi internasional punya aturan terkait angkat besi harus berurusan dengan Olimpiade, maka federasi internasional angkat besi ngotot mau berpisah dan federasi binaraga internasional mengamini untuk berpisah,” ucap Irwan.
Menurut Irwan, pada Desember 2019, para pengurus melaksanakan musyawarah luar biasa. Saat itu, tujuannya untuk menyampaikan bahwa federasi internasional punya keinginan dsiplin binaraga berpisah. “Dalam proses perjalanannya, federasi internasional binagara dunia, dan Federasi Binaraga Asia (ABBF), dan SEA BBF memberikan kami rekomendasi pada bulan lalu. Mereka menunjuk saya sebagai presiden di Indonesia Body Building Fitness Federation (IBBFF) yang kemudian kami ubah menjadi Perkumpulan Binaraga dan Fitnes Seluruh Indonesia (PBFI),” ujar Irwan. (Yan/ol)