Pengunjung TN Kelimutu Kurang Dari 200 Orang Per Hari

berbagi di:
img_20210322_182834

Kepala Taman Nasional Kelimutu, Agus Sitepu

 

 

 

Putra Bali Mula

Tren pengunjung Taman Nasional (TN) Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur kurang dari kuota pengunjung yang ditetapkan per harinya. Dalam masa pandemi Covid-19 ini, rata-rata kunjungan di TN Kelimutu di bawah 200 orang per hari kecuali saat akhir pekan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Taman Nasional Kelimutu, Agus Sitepu saat dihubungi VN melalui sambungan telepon, Senin (22/3).

Ia mengatakan proses pembelian tiket dilakukan secara elektronik dengan terlebih dahulu dipesan untuk memenuhi kuota 400 pengunjung per hari.

“Kita harapkan pengunjung booking terlebih dahulu supaya tidak terjadi kelebihan pengunjung,” jelasnya.

Ia memperkirakan rata-rata per hari di bawah kuota 400 pengunjung. Jumlah ini terjadi selama 2021 karena pada Natal dan Tahun Baru sebelumnya masih terjadi peningkatan.

“Sempat tutup kemarin satu bulan dan sekarang rata-rata masih di bawah 200 orang. Untuk akhir pekan yang bisa lebih dari 200 pengunjung,” kata dia.

Toilet bersih di area TN Kelimutu. Foto: dok. TN Kelimutu
Toilet bersih di area TN Kelimutu. Foto: dok. TN Kelimutu

TN Kelimutu sendiri telah memperoleh sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment) dari Kementerian Pariwisata. Sertifikat ini sebagai jaminan bagi wisatawan terhadap pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan pada destinasi tersebut.

“Sebagai daerah destinasi wisata yang bersih dan berwawasan lingkungan,” lanjutnya.

img-20210302-wa0008

Ia menyebut fasilitas di TN Kelimutu juga telah diperbaharui. Sistem informasi panduan yang sudah pasang pun berbasis sistem scan QR yang dapat menampilkan terkait alam, budaya dan sejarah. “Jika pengunjung tanpa pemandu juga masih bisa,” ujarnya. (bev/ol)