Petang Ini Gubernur Buka Expo Sunda Kecil

berbagi di:
foto-hal-09-expo-sunda-kecil-edisi-141119

Tampak panitia telah mempersiapkan arena Expo Sunda Kecil di Lippo Plaza Kupang, yang akan berlangsung 14-17 November 2019. Gambar diabadikan kemarin. Foto; Polce Siga/VN

 

 

Polce Siga

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) petang ini akan membuka Expo Sunda Kecil di Lippo Plaza Kupang, Kamis (14/11). Expo Sunda Kecil yang melibatkan Provinsi Bali dan NTT itu berlangsung sampai 17 November 2019.

Expo Sunda Kecil akan dihadiri ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai daerah di NTT termasuk dari Kota Magelang, Provinsi Jawa Timur. Berbagai potensi ekonomi unggulan setiap daerah akan dipamerkan dalam Expo Sunda Kecil itu.

“Ya pembukaan petang ini pukul 17.00 WITA oleh bapak gubernur. Bunda Julie Laiskodat sebagai ketua Dekranasda juga akan hadir dalam pembukaan,” ujar Panitia Expo Sunda Kecil Hendrik Riwu kepada VN, tadi malam di Lippo Plaza Kupang.

Ia mengatakan, panitia sudah menyiapkan 100 tenda di area parkiran Lippo Plaza dan 12 tenda di dalam auditorium Lippo Plaza. Tenda-tenda itu disiapkan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) RI.

“Jadi yang di dalam itu ada 12 tenda. Setiap tenda akan ditempati dua peserta. Jadi totalnya itu ada 24 peserta,” kata Hendrik.

Sedangkan di halaman parkir Lippo Plaza sudah disiapkan 50 tenda yang ditempatkan masing-masing dua peserta. Peserta akan memamerkan berbagai produk UMKM termasuk kuliner.

“Jadi tenda yang di luar ini sudah terisi semua. Satu tenda itu ada dua peserta. Peserta ini pelaku UMKM di Kota Kupang dan dari daerah,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk peserta dari perbatasan akan memamerkan produk unggulan daerah seperti aneka daging sapi, produk aneka jagung dan produk aneka bawang. Ia mengaku, masyarakat begitu antusias terlihat dalam Expo Sunda Kecil ini. “Antusias masyarakat pelaku UKM di NTT sangat tinggi ingin mempromosikan produk usaha produksi mereka,” ujar Hendrik.

Salah seorang pelaku UMKM Kota Kupang, Resti B mengatakan Expo Sunda Kecil sangat cocok untuk memamerkan dan memasarkan bebagai produk UMKM. Apalagi expo dihadiri berbagai pelaku usaha dari berbagai daerah termasuk dari Magelang, Provinsi Bali, dan NTT.

“Expo Sunda Kecil yang saya tahu itu kerja sama antar tiga provinsi. Paling tidak ini ada media untuk memasarkan bebagai produk dari pelaku usaha,” katanya.

Ia berharap, expo ini tidak boleh terputus tapi hari diselenggarakan setiap tahun. Dengan begitu, maka produk lokal maupun keunggulan daerah bisa dipromosikan dan dipasarkan ke luar daerah. (pol/E-1)